17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Heboh! Putin Siap Deklarasi Perang di Ukraina 9 Mei, Bisa Gempur Gila-gilaan

Washington, MISTAR.ID

Amerika Serikat (AS) memprediksi Presiden Vladimir Putin siap mendeklarasikan secara resmi perang di Ukraina. Dengan deklarasi itu, Rusia dapat mengerahkan tenaga penuh untuk menggempur negara tersebut.

Sejumlah pejabat AS mengatakan, Putin kemungkinan bakal mengumumkan deklarasi perang itu secara resmi pada 9 Mei mendatang.

Tanggal deklarasi itu bertepatan dengan Hari Kemenangan yang dirayakan tiap tahun di Rusia untuk memperingati kemenangan mereka dari Nazi pada 1945 silam.

Baca Juga:AS Menentang Kehadiran Putin di KTT G20

Para pejabat AS memperkirakan Putin bakal mendeklarasikan perang untuk merayakan “kemenangan” militer mereka.

Sejak awal, Putin menyebut invasi Rusia ke Ukraina sebagai “operasi militer khusus.” Jika Putin sudah mendeklarasikan perang secara resmi, Rusia dapat mengerahkan kekuatan penuh sesuai undang-undang.

Di bawah UU tersebut, Rusia dapat mengerahkan pasukan cadangan dan peserta wajib militer. Saat ini, Rusia disebut-sebut sangat membutuhkan pasukan tambahan di Ukraina karena perlawanan sengit tentara setempat.

Pejabat Ukraina dan Barat memperkirakan, Rusia sudah kehilangan setidaknya 10 ribu tentara sejak invasi di Ukraina dimulai pada 24 Februari lalu.

Baca Juga:Trump Dukung Putin, Konflik Rusia-Ukraina Tidak Terjadi Bila Ia Masih Presiden AS

Kekurangan pasukan ini disinyalir menjadi alasan Rusia menarik pasukan dari kawasan tengah Ukraina, termasuk ibu kota Kyiv.

Kini, Rusia memfokuskan serangan di wilayah timur Ukraina, yang berbatasan langsung dengan Negeri Beruang Merah. (cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles