23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Hari Ini, Arab Saudi hingga UEA Rayakan Idulfitri 2023

Riyadh, MISTAR.ID

Arab Saudi hingga Uni Emirat Arab (UEA) merayakan Lebaran Idulfitri 2023 hari ini, Jumat (21/4/23). Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa hari pertama bulan Syawal jatuh pada Jumat, setelah hilal atau bulan sabit terlihat di negara itu.

Selain Saudi, sejumlah negara mayoritas Islam seperti UEA, Qatar, Kuwait, Bahrain, Yaman, Sudan, Yordania, dan Mesir juga mengumumkan Hari Raya Idulfitri jatuh pada Jumat ini.

Dikutip Al Arabiya, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi juga mengumumkan bahwa karyawan di sektor swasta dan nirlaba bakal libur selama empat hari mulai Kamis (20/4/23). Begitu pula di UEA, liburan Idulfitri untuk karyawan sektor federal dan swasta juga dimulai sejak Kamis (20/4/23) hingga Minggu (23/4/23) mendatang.

Baca juga: Rayakan Idulfitri 1444 H, MUI: Silakan Dilaksanakan Sesuai Keyakinan Masyarakat

Sebelumnya, pengamat astronom di Saudi dan Uni Emirat Arab menyebut Idulfitri di Saudi kemungkinan jatuh pada hari Sabtu, lantaran posisi hilal awal bulan Syawal baru bisa dilihat dengan mata telanjang pada Jumat (21/4/23).

Majid Abu Zahra dari Jeddah Astronomical Society mengatakan secara teknis bulan akan muncul di langit pada Kamis (20/4/23) malam waktu setempat. Namun karena posisi matahari dan kondisi cuaca, sulit melihat hilal tanpa peralatan khusus. Meski begitu, pejabat pemerintahan Arab Saudi tak menutup kemungkinan Idulfitri jatuh pada Jumat. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles