15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Hadapi Korut, Korsel Kembangkan Rudal Balistik Baru

Seoul, MISTAR.ID

Korea Selatan (Korsel) sedang dalam tahap akhir pengembangan rudal balistik, yang diklaim bisa membawa hulu ledak hingga seberat 3 ton. Hal ini diungkapkan saat Korsel merilis rencana anggaran untuk memperkuat pertahanan terhadap Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Reuters, Kamis (2/9/21), dalam rencana anggaran pertahanan tahun 2022-2026 itu, Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan akan mengembangkan rudal-rudal baru ‘dengan kekuatan destruktif yang ditingkatkan secara signifikan’.

Kemudian juga meng-upgrade sistem pertahanan rudal dan mengerahkan rudal pencegat baru dalam menghadapi artileri jarak jauh.

Baca Juga:USFK Ragukan Kemampuan Rudal Baru Korut

“Kita akan mengembangkan rudal-rudal yang lebih kuat, rudal jarak jauh dan lebih presisi sebagai penangkis dan demi mencapai keamanan dan perdamaian di Semenanjung Korea,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Korsel seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

Laporan Yonhap yang mengutip sejumlah sumber menyebut bahwa di antara rudal-rudal yang dikembangkan Korsel itu terdapat sebuah senjata baru dengan jangkauan 350-400 kilometer dan bisa membawa muatan hulu ledak hingga 3 ton.

Disebutkan juga bahwa senjata baru itu dirancang untuk menghancurkan fasilitas bawah tanah, seperti yang diyakini digunakan Korut untuk menyimpan senjata nuklirnya.

Baca Juga:AS Pantau Citra Satelit Korut Siap Luncurkan Rudal

Rudal-rudal baru Korsel ini menjadi yang terbaru dalam perlombaan rudal konvensional antara kedua Korea yang meningkat, setelah Korsel dan Amerika Serikat (AS) sepakat mencabut seluruh pembatasan bilateral untuk pengembangan rudal Korsel pada awal tahun ini.

Tahun 2020 lalu, Korsel mengumumkan bahwa rudal balistik baru jarak dekat Hyunmoo-4 bisa membawa muatan hulu ledak seberat 2 ton. Sementara pada Maret, Korut menguji coba rudal jarak dekat yang disebutnya bisa membawa muatan hulu ledak 2,5 ton. Hyunmoo-4 diketahui merupakan rudal terbesar Korsel saat ini.

Baca Juga:DK PBB Dituding Lakukan Standar Ganda Uji Coba Rudal

“Menyusul pencabutan panduan, kita akan melakukan pencegahan terhadap potensi ancaman dan meningkatkan kemampuan menyerang terhadap target utama,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Korsel.

Secara keseluruhan, rencana anggaran pertahanan Korsel menunjukkan pengeluaran sebesar 315,2 triliun Won, peningkatan rata-rata 5,8 persen selama lima tahun ke depan. (dtc/hm14)

Related Articles

Latest Articles