12.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Gudang Kembang Api Meledak di Thailand Selatan, 9 Tewas, Ratusan Rumah Berantakan

Sungai Kolok, MISTAR.ID

Ledakan besar menghancurkan gudang kembang api di Thailand pada Sabtu (29/7/2023). Peristiwa itu menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 100 orang.

Tragedi itu terjadi di kota Sungai Kolok, di provinsi selatan Narathiwat, diduga disebabkan oleh pengelasan saat pekerjaan konstruksi bangunan.

“Sebuah gudang yang menyimpan petasan di Sungai Kolok meledak sore ini. Jumlah terbaru adalah sembilan orang meninggal dan 115 orang terluka,” kata Gubernur Narathiwat, Sanan Pongaksorn, seperti dikutip Guardian, Sabtu (29/7/2023) malam.

Ia menambahkan, pihak pemadam kebakaran setempat sudah berhasil mengendalikan api.

Baca Juga: Kembang Api Meledak di Tangan, Wabup Kaur Kehilangan 3 Jari

“Dari hasil penyelidikan awal, penyebab ledakan akibat kesalahan teknis selama proses pengelasan baja, karena bangunan sedang dalam tahap konstruksi,” jelasnya.

Rekaman di media lokal menunjukkan gumpalan asap besar yang naik ke udara dan banyak toko, rumah, dan kendaraan rusak parah akibat ledakan – beberapa terbakar dan beberapa dengan atap terbang.

Stasiun televisi Thai PBS melaporkan bahwa sebanyak 500 rumah rusak akibat ledakan di kota perbatasan yang berbatasan dengan Malaysia tersebut.

“Saya sedang bermain dengan ponsel di dalam rumah, tiba-tiba saya mendengar suara gemurh yang keras dan seluruh rumah saya berguncang,” kata Seksan Taesen, yang tinggal sekira 100 meter dari gudang tersebut.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Panas Terjadi di Paluta, Asahan dan Sergai: Waspadai Kebakaran

“Lalu saya melihat atap saya terbuka lebar. Saya melihat keluar dan melihat sebuah rumah runtuh dan orang-orang tergeletak di tanah di mana-mana. Semuanya kacau.”

Video yang diambil Seksan memperlihatkan kondisi kekacauan di pasar lokal, di mana warga setempat bingung berjalan-jalan dan layanan darurat berlarian untuk membantu.

Kaca pecah, genteng atap dan puing-puing lainnya berserakan di tanah.

Thailand memiliki catatan keselamatan buruk dalam sektor konstruksi dan kecelakaan mematikan adalah hal yang umum.

Bulan lalu, dua orang tewas ketika jembatan jalan yang sedang dalam konstruksi di Bangkok ambruk menimpa lalu lintas. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles