15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Gempar Penemuan Benda Misterius di Pantai Australia, Puing MH370?

Canberra, MISAR.ID

Benda silinder misterius terdampar di pantai Australia. Penemuan objek yang tertutup teritip (hewan lau mirip kerang) telah membingungkan otoritas setempat, karena Badan Antariksa Australia menduga bahwa objek misterius itu adalah puing-puing dari roket yang diluncurkan ke luar angkasa.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/7/23), benda setinggi sekitar dua meter dengan beberapa kabel menggantung di atasnya itu ditemukan terdampar di hamparan pantai terpencil dekat Teluk Jurien. 2 jam perjalanan ke utara ibu kota, negara bagian Perth.

Benda misterius itu kemudian dibatasi dari publik oleh polisi setempat sambil dilakukan tes untuk memeriksa kadar zat beracun tersebut.

Baca juga: SpaceX Meledak Saat Uji Coba Peluncuran Pesawat Antariksa di Texas

Polisi juga membantah sejumlah spekulasi yang beredar di dunia maya, termasuk yang mengaitkan benda tersebut dengan tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 sejak 2014.

“Pada tahap awal ini, tampaknya objek tersebut tidak berasal dari sebuah pesawat,” kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataan terpisah, Badan Antariksa Australia mengatakan sedang menyelidiki secara menyeluruh apakah objek silinder itu bisa menjadi bagian dari “kendaraan peluncuran luar angkas yang terdampar”.

Baca juga: Puing-puing Roket Long March Jatuh di Samudra Hindia

“Karena asal benda itu tidak diketahui, masyarakat harus menghindari menyentuh atau mencoba memindahkan benda itu,” kata Badan Antariksa Australia dalam peringatan.

Penemuan semacam itu bukan pertama kalinya terjadi di Australia, karena tahun lalu salah satu misi SpaceX Elon Musk menemukan puing-puing hangus di sebuah gua di peternakan domba lokal.

“Itu mengasyikkan dan aneh pada saat yang sama,” kata ahli astrofisika Brad Tucker kepada AFP setelah memeriksa puing-puing SpaceX. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles