17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Gempa Haiti Tewaskan 1.941 Orang, Luka-luka 9.915

Haiti, MISTAR.ID

Korban tewas akibat gempa bumi di Haiti menyebabkan 1.941 orang tewas. Sementara jumlah korban luka dalam gempa berkekuaan magnitudo 7,2 tersebut mencapai 9.915 orang.

Gempa mengguncang Haiti pada Sabtu pekan lalu. Hingga berita ini di lansir, Rabu (18/8/21) sejumlah rumah sakit di Haiti berjuang menangani korban luka, yang jumlahnya terus bertambah dari hari ke hari. Situasi terkini diperburuk kedatangan Badai Tropis Grace yang membawa hujan deras dan angin kencang.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) memperingatkan bahwa hujan dengan intensitas tinggi dapat mengguyur sejumlah wilayah di Haiti. Selasa (17/8/21) lalu, hujan terpantau turun di kota Les Cayes dan Port-au-Prince.

Baca Juga:Di Haiti, Dukun Dipercaya Warga Tangani Covid-19

Banyak pasien luka gempa dirawat di area luar rumah sakit. Namun karena kedatangan gempa Haiti, mereka semua terpaksa dipindahkan ke dalam ruangan, yang membuat seisi rumah sakit menjadi penuh sesak.

Salah satu agensi Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNICEF, mengatakan bahwa lebih dari satu juta anak-anak telah terkena dampak gempa di Haiti. “Banyak keluarga Haiti kehilangan segalanya akibat gempa ini,” tutur Bruno Maes, perwakilan UNICEF di Haiti.

PBB mengaku telah mengalokasikan dana sebesar USD8 juta untuk menyalurkan layanan kesehatan, air bersih, tempat penampunan, dan sanitasi bagi korban gempa Haiti. “Saat ini, sekitar setengah juta anak-anak di Haiti memiliki akses terbatas, atau bahkan tidak sama sekali, terhadap tempat berteduh, air bersih, layanan kesehatan, dan nutrisi,” pungkasnya. (medcom/hm12)

Related Articles

Latest Articles