11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Dua Tokoh Berpengaruh Afghanistan Melarikan Diri

Kabul. MISTAR.ID
Sebanyak dua tokoh berpengaruh regional paling terkenal di Afghanistan melarikan diri pada Sabtu (14/8/21) saat kota utara Mazar-i-Sharif jatuh ke tangan Taliban. Saat itu juga pasukan keamanan meninggalkan kota itu dengan tergesa-gesa ke jalan raya menuju wilayah tetangga, Uzbekistan.

Mantan gubernur provinsi Balkh Atta Mohammad Noor dan pemimpin etnis Uzbekistan Abdul Rashid Dostum terlibat dalam perang di Afghanistan sejak hari-hari invasi Soviet. Mereka telah menjadi salah satu musuh paling sengit Taliban.

Sementara itu, Asap mengepul dari bangunan akibat dampak dari pertempuran militan taliban dengan pasukan keamanan Afghanistan di Kota Kunduz, Afghanistan Utara.

Baca juga: Presiden Afganistan Kecam Pengeboman Yang Bunuh 9 Orang

Noor memimpin pasukan milisi lokal ketika Mazar-i-Sharif jatuh ke tangan Taliban. Dia mengatakan, kondisinya aman bersama Dostum dan menyalahkan jatuhnya kota itu pada konspirasi.

Pejabat provinsi menyatakan, pasukan Taliban memasuki kota hampir tanpa perlawanan ketika pasukan keamanan melarikan diri ke jalan raya ke Uzbekistan. Gambar yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan kendaraan tentara Afghanistan dan pria berseragam memenuhi jembatan besi di persimpangan Hairatan.

“Meskipun kami menentang keras, sayangnya, semua peralatan pemerintah dan #ANDSF diserahkan kepada #Taliban sebagai hasil dari plot besar yang terorganisir & pengecut. Mereka telah mengatur rencana untuk menjebak Marshal Dostum dan saya juga, tetapi mereka tidak berhasil,” tulis Noor di Twitter.

Baca juga: 40 Warga Sipil Tewas dalam Perang Sengit Antara Tentara Afghanistan-Taliban

Pelarian Noor dan Dostum menggarisbawahi keruntuhan kekuasaan tidak hanya pemerintah pusat di Kabul, pemimpin regional yang kuat dari Mujahidin anti-Soviet yang memerangi Taliban pun ikut tergerus.

Awal pekan ini, salah satu pemimpin pemberontakan awal yang memicu invasi Soviet 1979, Ismail Khan, telah ditangkap oleh Taliban di kota barat Herat. Dia difoto dikelilingi oleh para milisi yang menyeringai ke kamera (republik/hm06)

Related Articles

Latest Articles