16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Drone Ukraina Diduga Menyerang Ibu Kota Rusia

Moskow, MISTAR.ID

Pesawat nirawak atau drone milik Ukraina menghantam Ibu Kota Rusia, Moskow, Selasa (30/5/23). Salah satu target operasi drone itu adalah Leninsky Prospekt, sebuah jalan besar yang dibuat di bawah pemimpin Uni Soviet Josef Stalin.

Serangan yang dilakukan Kiev itu diklaim paling terbesar. Serangan drone terbaru Ukraina merupakan serangan paling serius terhadap Moskow sejak berakhirnya Perang Dunia II.

Serangan ke daerah itu cukup beralasan. Wilayah Moskow Barat, tempat diketahui menjadi hunian bagi elit politik Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga: Rusia Serang Area Dekat PLTN Ukraina, 14 Tewas

“Pagi ini, rezim Kiev melancarkan serangan teroris dengan kendaraan udara tak berawak di kota Moskow. Delapan kendaraan udara tak berawak terlibat dalam serangan itu. Semua drone musuh ditembak,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Menurut pemerintah Rusia, teknologi kontra-drone elektronik khusus digunakan untuk mengalihkan tiga drone Ukraina.Militer Rusia mencoba melawan serangan itu. Hasilnya, 5 drone ditembak jatuh, termasuk oleh sistem rudal Pantsir yang membantu mempertahankan Moskow.

Sementara Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengakui, serangan itu membuat  tiga warganya terluka. Satu di antaranya harus menjalani perawatan di rumah sakit. Belum diketahui bagaimana Presiden Vladimir Putin akan merespons serangan drone ke Moskow.

Baca Juga: Ngaku Pasok Drone ke Rusia, Iran: Sebelum Perang Dimulai

Mengenai serangan itu, dibatah oleh Ukraina. Pihaknya tidak menyerang Moskow.  Namun diperkirakan bakal ada serangan susulanHal itu disampaikan penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak,

Akhir pekan lalu Ibu Kota Ukraina, Kiev, juga menghadapi serangan drone terbesar. Serangan itu dilancarkan ketika Kiev bersiap menyambut hari ulang tahunnya.

Menurut keterangan otoritas Ukraina, serangan drone ke Kiev berlangsung selama lebih dari lima jam. Pasukan Ukraina berhasil menembak jatuh sedikitnya 40 drone. Seorang warga Kiev, laki-laki berusia 41 tahun, dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.(republika/hm17).

 

Related Articles

Latest Articles