18.8 C
New York
Friday, May 3, 2024

Dapat Dipakai Ulang, Peneliti Mengembangkan Lapisan Tekstil Pengusir Virus

Pennsylvania, MISTAR.ID

Para peneliti di Universitas Pittsburgh telah mengembangkan suatu lapisan yang digunakan untuk membuat tekstil yang dapat mengusir virus beserta dengan cairan tubuh seperti air liur dan darah. Menariknya lagi, pelapis tekstil ini dapat digunakan ulang, dan dapat dicuci dan disetrika berulang kali tanpa kehilangan sifatnya yang dapat menolak virus. Karakteristik ini membuatnya sangat pantas digunakan sebagai bahan pembuatan alat pelindung (APD) yang dapat digunakan ulang selama pandemi Covid-19.

Kekurangan APD menjadi salah satu kesulitan bagi staf layanan kesehatan. Sebagian besar APD tidak dapat digunakan berulang dan berpotensi terkena virus, dan mereka harus membuang setelah dipakai meskipun hanya sekali. Dengan adanya APD yang dapat digunakan ulang, dapat membantu stok bertahan lebih lama dan membantu staf kesehatan untuk melindungi diri da pasien dengan lebih baik.

Oleh karena itulah, para peneliti mengembangkan suatu lapisan untuk tekstil yang dapat mengusir cairan tubuh dan bahhkan virus dan membuatnya mudah untuk dicuci segala bentuk kontaminasi.

Awalnya mereka hanya berfokus pada permukaan anti-darah, dan selanjutkan kami tertarik untuk melakukan pencapaian dengan daya tahan mekanik, jelas Anthony Galante, seorang peneliti yang terlibat dengan studi ini.

“kami ingin mendorong hingga batas apa yang mungkin terjadi dengan jenis permukaan ini, dan terutama karena mengingat situasi pandemi saat ini, kami tahu sangatlah penting melakukan pengujian tersebut terhadap virus.”

Cairan yang dimaksud para peneliti melibatkan nanopartikel polytetraflouroethylene yang tersuspensi dalam pelarut yang ditetes ke permukaan tekstil, dan kemudian diberi panas untuk mendapatkan cairan yang dapat mengikat ke serat tekstil. Dan hasil dari tektil yang sudah dilapisi cairan tersebut bersifat superhemophobik dan antivirofouling (anti-virus melekat). Sejauh ini para peneliti menguji lapisan tekstil dengan kemampuan mengusir virus dengan tujuan kelak berguna untuk melawan virus corona.

Seperti kemampuan bahan tekstil ini sebelumnya yang terbukti mengusir darah, protein dan bakteri, langkah selanjutnya adalah untuk mengusir virus. Kami mencoba pada virus manusia jenis adenovirus (virus penyebab sakit pernafasan akut, dan penyakit pernafasan lainnya) tipe 4 dan 7. Kain ini diharapkan dapat mengusir virus-virus sebagaimana ia telah mengusir protein dengan asam nukleat di dalamnya. Dan ternyata adenovirus ditolak dengan cara yang sama pada protein.

Tekstil ini juga menunjukkan bahwa dicuci ulang secara menyeluruh dan masih akan tetap mempertahankan sifat penolakannya. Ini menunjukkan potensinya sebagai kompenen APD yang bisa dipakai ulang.(medgadet/ja/hm03)

Related Articles

Latest Articles