17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Covid-19 Indonesia Melonjak, Taiwan Larang TKI Masuk

Taipei, MISTAR.ID

Indonesia kini menempati posisi tertinggi Covid-19 di Asia Tenggara. Menyikapi hal ini, Pusat Komando Epidemi (CECC) Taiwan pada Senin (30/11) mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan larangan bagi semua pekerja migran dari Indonesia mulai 4 Desember menyusul meroketnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Dalam konferensi pers pada Senin sore, Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan bersama dengan Ketua CECC, Chen Shih-chung, mengumumkan bahwa keputusan itu diambil di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia dan untuk mengurangi masuknya pekerja migran yang terinfeksi.

Larangan tersebut akan diberlakukan pada semua pekerja migran yang masuk dari Indonesia mulai 4 Desember. Chen mengatakan larangan tersebut akan diberlakukan hingga 18 Desember, setelah itu pihaknya akan mengkaji kembali apakah akan melonggarkan atau justru memperketat pembatasan perjalanan di Taiwan.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Pecah Rekor

Dilansir media, menurut Kementerian Tenaga Kerja (MOL), sejak 17 Maret, seluruh pekerja migran yang tiba di Taiwan harus menjalani karantina selama 14 hari. Sejak saat itu, 7.279 pekerja migran Indonesia memasuki Taiwan, termasuk 5.437 asisten rumah tangga dan 1.842 bekerja di sektor industri.

Karena beberapa pekan terakhir virus corona ditemukan di antara pekerja migran Indonesia, maka 20 November lalu Chen mengumumkan bahwa semua pekerja migran RI diwajibkan menjalani karantina di pusat karantina resmi untuk memastikan pencegahan epidemi. Selain itu, operasional delapan agen Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan juga telah ditangguhkan untuk memperkuat kontrol perbatasan.

Menurut statistik MOL, rata-rata jumlah mingguan TKI yang masuk ke Taiwan pada November adalah 677 orang. Penangguhan selama dua pekan ini diharapkan dapat mengurangi jumlah TKI yang tiba di Taiwan sebesar 1.350 orang.

Baca juga: Bahaya! Indonesia Tembus Rekor Covid-19 Baru Dan Meninggal

Karena pekerja migran Indonesia tidak diperkenankan memasuki Taiwan, maka rumah tangga yang membutuhkan pekerja dapat menghubungi agen layanan ketenagakerjaan lokal untuk merekrut pekerja Indonesia yang sudah berada di Taiwan atau pekerja migran dari negara lain.

Hingga Selasa (1/12/20), kasus kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 543.975 orang. Pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 4.363 orang, sehingga total menjadi454.879 orang. Sementara pasien Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 136 orang, sehingga keseluruhan menjadi17.081 orang. Indonesia menjadi negara dengan kasus dan kematian corona terbanyak di Asia Tenggara. (cnn/hm09)

 

Related Articles

Latest Articles