21.3 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

China, Rusia dan Afsel akan Gelar Latihan di Samudra Hindia

Beijing, MISTAR.ID

China memastikan diri untuk mengikuti latihan angkatan laut bersama Rusia dan Afrika Selatan di perairan Samudra Hindia pada 20-27 Februari 2023.

Latihan selama tujuh hari tersebut akan digelar di wilayah laut dan udara Afsel, tepatnya di Kota Durban dan Teluk Richards, menurut Kementerian Pertahanan Nasional China (MND) dalam keterangan persnya di Beijing, Minggu (19/2/23).

Pada latihan tersebut, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan mengerahkan kapal perusak rudal Huaian 052D, fregat Richao dan kapal pengisi bahan bakar militer Kekexilihu.

Baca Juga:Taiwan Murka, 57 Jet China Latihan Militer dalam 24 Jam

Latihan itu adalah latihan kedua bagi ketiga negara. Mereka pernah menggelar latihan serupa pada November 2019 di Samudera Atlantik di barat daya Afrika. Selain untuk menjaga keamanan transportasi laut dan ekonomi maritim, latihan tersebut juga bertujuan menjalin kerja sama dengan militer negara asing, menurut MND.

MND mengatakan, pihaknya berharap latihan itu bisa memberikan kontribusi positif dalam memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan. Kegiatan itu tidak terkait dengan konflik atau ketegangan apa pun yang saat ini terjadi di dunia, kata MND.(antara/hm15)

Related Articles

Latest Articles