9.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

China Bebaskan Pengacara HAM Setelah 5 Tahun Dipenjara

Beijing,MISTAR.ID

Wang Quanzhang, seorang pengacara terkemuka HAM China telah dibebaskan setelah hampir lima tahun di penjara, kata istrinya, Minggu (05/40/20).

Pengacara berusia 44 tahun itu pertama kali ditangkap tahun 2015 dalam tindakan keras terhadap lebih dari 200 pengacara dan kritik pemerintah di China, ketika Pressiden Xi Jinping memperketat kekuasaannya.

Saat ini Wang belum kembali ke keluarganya di Ibukota Cina. Hari Minggu dia telah diantar ke propertinya di Provinsi Shandong Timur dan selama 14 hari dikarantina sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona, masih menurut istrinya, Li Wenzu.

Li mengatakan kepada kantor berita AFP Beijing, bahwa dia khawatir Wang akan ditempatkan di bawah tahanan rumah meskipun dia dibebaskan dari penjara, dan akan diawasi.

“Saya pikir (otorita) telah berbohong kepada kami langkah demi langkah” kata Li, “Mereka menggunakan dalih epidemi sebagai alasan untuk mengkarantina dia selama 14 hari ketika dia seharusnya bisa kembali ke rumahnya di Beijing sesuai dengan pedoman hukum yang relevan.”

Panggilan telepon ke penjara tidak dijawab pada hari Minggu dan departemen kehakiman Shandong tidak menanggapi pernyataan dari AFP.

Beijing telah meningkatkan tindakan keras terhadap masyarakat sipil sejak Xi mengambil alih kekuasaan pada 2012, memperketat pembatasan kebebasan berbicara dan menangkap ratusan aktivis da pengacara.

Sumber : Aljazeera
Editor : Mahadi
Alih Bahasa : Julyana Ang

Related Articles

Latest Articles