21.8 C
New York
Monday, June 3, 2024

Bentuk Balasan Moskow, Drone Rusia Hujani Ibu Kota Ukraina

Kyiv, MISTAR.ID

Menanggapi serangan terhadap Moskow awal pekan ini, Rusia melancarkan serangan pesawat tak berawak di wilayah ibukota Ukraina, Kyiv. Pejabat Kyiv mengatakan semua drone yang diluncurkan oleh Moskow ditembak jatuh dan dilaporkan tidak ada kerusakan atau korban jiwa.

Kabar serangan pesawat tak berawak Rusia datang sehari setelah Kremlin mengancam “penanggulangan serius” setelah serangan pesawat tak berawak menghantam Moskow, sekitar 500 kilometer dari Ukraina, AFP melaporkan pada Selasa (25/7/2023).

Sergiy Popko, kepala administrasi militer kota Kyiv, mengatakan melalui Telegram bahwa Rusia “menyerang Kyiv dengan serangan UAV (drone),” tetapi tidak merinci berapa banyak atau dari mana drone ditembakkan.

Baca juga: Drone Rusia akan Ditangkal Ukraina dengan Sistem Roket VAMPIRE Milik AS

“Peringatan penerbangan berlangsung selama tiga jam. Semua target udara terdeteksi dan dihancurkan saat mendekati Kyiv,” kata Popko dalam pernyataannya.

“Menurut pengetahuan terkini, tidak ada korban luka atau kerusakan di ibu kota,” kata pernyataan itu.

Administrasi militer regional Kyiv sebelumnya memperingatkan serangan pesawat tak berawak dan mendesak warga untuk tinggal di tempat penampungan darurat. Angkatan Udara Ukraina juga memperingatkan serangan drone di wilayah Odesa dan Mykolaiv dekat pantai Laut Hitam.

Baca juga: Prancis Sebut China Bantu Kirimkan Alat Militer ke Rusia

Kedua wilayah memiliki infrastruktur pelabuhan yang telah dihancurkan Rusia dengan serangan drone dan rudal sejak negara itu menarik diri dari kesepakatan untuk mengangkut biji-bijian dengan aman dari Ukraina minggu lalu.

Kementerian Luar Negeri Rusia sebelumnya berjanji akan menemukan dan menghukum semua pelaku penyerangan di Moskow dan Crimea.

“Kami menganggap apa yang terjadi sebagai penggunaan lain dari metode teroris dan intimidasi terhadap warga sipil oleh kepemimpinan militer dan politik Ukraina,” kata kementerian luar negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, merujuk pada serangan pesawat tak berawak Ukraina di Moskow dan Crimea.

Baca juga: Rusia Gelar Latihan Tembak dengan Peluru Asli di Laut Hitam

“Federasi Rusia berhak mengambil tindakan balasan yang keras,” tegas pernyataan itu.

Serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap Moskow tidak merenggut nyawa tetapi menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah di ibu kota Rusia. Kremlin mengutuk serangan drone di Kyiv sebagai “tindakan terorisme yang memalukan”.

Serangkaian serangan pesawat tak berawak tepatnya 17 pesawat tak berawak telah menghantam Moskow dan Crimea, yang telah diduduki Rusia dari Ukraina sejak 2014. Serangan pesawat tak berawak di Crimea dilaporkan menghantam sebuah gudang amunisi dan merusak bangunan tempat tinggal. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles