25.2 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Begini Dampaknya Jika Mencairnya Es di Kutub Hingga Terjadi Perubahan Bumi

Namun, dalam studi baru yang terbit di jurnal Nature, detik kabisat yang bakal ditambahkan ke Coordinated Universal Time (UTC)-standar yang digunakan untuk mengatur semua zona waktu di seluruh dunia pada 2026 mendatang kini tertunda hingga 2029 karena mencairnya tutupan es di kutub.

Perubahan UTC ini, dapat berdampak pada jaringan komputer di seluruh dunia dan menjadi pertanda terjadinya perubahan iklim serta mencairnya es laut.

Komputasi jaringan dan pasar keuangan, di antara banyak aktivitas lain memerlukan jam global standar yang disediakan oleh UTC. Oleh karena itu, UTC perlu disesuaikan untuk mempertahankan kerangka waktu yang konsisten dengan rotasi Bumi.

Baca juga : Gagal ke Bulan, Pesawat Peregrine Seharga 100 Juta Dolar Akan Jatuh ke Bumi

“Mengekstrapolasi tren inti dan fenomena relevan lainnya untuk memprediksi orientasi Bumi di masa depan menunjukkan bahwa UTC seperti yang didefinisikan sekarang akan memerlukan diskontinuitas negatif pada 2029,” demikian peneliti Duncan Agnew dari University of California San Diego dalam studinya.

Menurut peneliti, pemanasan global di masa depan bisa menyebabkan masalah berlarut terkait ketepatan waktu global di masa mendatang seiring dengan berlanjutnya perubahan iklim. (kumparan/hm18)

Related Articles

Latest Articles