21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Australia dan Filipina Umumkan Peningkatan Kerja Sama Keamanan Maritim

Manila, MISTAR.ID

Australia dan Filipina meningkatkan kerja sama dalam keamanan maritim, guna mendukung perdamaian dan keamanan di kawasan itu.

Hal ini diumumkan Menteri Luar Negeri, Australia, Penny Wong setelah mengunjungi Markas Nasional Penjaga Pantai Filipina (PCG) di Port Area, Manila.

“Hari ini, di Manila, saya mengumumkan bahwa kami meningkatkan kerja sama maritim kami–menyediakan peralatan, pelatihan, dan teknologi drone untuk memperkuat kemampuan @coastguardph (Penjaga Pantai Filipina),” kata Wong di Twitter pada Kamis (18/5/23).

Baca juga: Filipina dan AS Mulai Latihan Militer Gabungan Terbesar

Menurut Penny, Filipina memiliki peran penting dalam keberlanjutan stabilitas dan keamanan kawasan Australia. “Kedua negara ingin melihat kawasan yang damai dan di mana hukum internasional dihormati,” sebutnya, menyusul perluasan kerja sama maritim antara Amerika Serikat dan Filipina yang telah diumumkan sebelumnya.

Selama kunjungannya di Manila, Penny bertemu dengan Komandan PCG , Laksamana Artemio M Abu dan membahas peluang untuk meningkatkan keberhasilan kerja sama penegakan hukum maritim Filipina dan Australia yang sudah ada. Juga pelatihan dan lokakarya bagi personel pada masa mendatang.

Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan, Penny juga mengumumkan bantuan pembangunan sebesar 89,9 juta dolar Australia (sekitar Rp 891,7 miliar) selama 2023-2024.

Baca juga: Korut Kembali Tembakkan 80 Peluru Artileri Ke Zona Perbatasan Maritim Korsel

Juga mengumumkan bantuan keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, pendidikan, pelatihan dan beasiswa, ketahanan bencana dan iklim, serta perdamaian dan stabilitas di Mindanao selama pertemuannya dengan mitranya dari Filipina.

Sementara itu, Panglima Militer Filipina, Jenderal Andres C Centino mengunjungi pulau terpencil di Provinsi Palawan, terletak dekat kepulauan Spratly yang disengketakan di Laut China Selatan.

Kunjungan dilakukan, setelah pergesekan baru-baru ini antara kapal maritim Filipina dan China. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles