20.3 C
New York
Saturday, September 28, 2024

AS: China Telah Memperluas Persenjataan Nuklir Secara Tajam

Lyle Morris, seorang peneliti senior di Asia Society Policy Institute mengatakan, kepada BBC bahwa perkembangan seperti rudal hipersonik membuat China mempertimbangkan kembali kebijakan serangan kedua, yang memaksa perluasan persediaan nuklir.

Laporan Pentagon pada hari Kamis (19/10/23) juga mencatat bahwa Beijing telah “meningkatkan tekanan diplomatik, politik, dan militer” terhadap Taiwan dalam beberapa bulan terakhir. Xi dilaporkan telah memerintahkan kepala pertahanannya untuk mengembangkan kemampuan militer untuk merebut kembali pulau tersebut secara paksa pada tahun 2027.

Baca Juga : sernjsesPerekonomian China Dalam Bahaya, Yuan Mencatatkan Kinerja Terburuk di Asia

Serangkaian penerbangan rudal balistik di atas Taiwan, peningkatan penerbangan ke wilayah udaranya dan serangkaian latihan militer di sekitar perairannya telah diperintahkan untuk mengacaukan pulau itu, tambah laporan Pentagon.Temuan-temuan ini muncul di tengah-tengah titik terendah dalam hubungan diplomatik China dan AS.

Pada hari Rabu (18/10/23), Washington menuduh pilot-pilot angkatan udara China membawa ratusan manuver “secara paksa dan berisiko” terhadap pesawat-pesawat militer AS di ruang udara internasional di atas Pasifik. Pentagon – yang juga merilis video dan foto-foto manuver tersebut – mengatakan bahwa telah terjadi 180 insiden sejak musim gugur 2021. (bbc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles