10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Akibat Virus Corona, Jerman Tagih £130 Miliar Ke China

Berlin, MISTAR.ID

Jerman telah mengejutkan China setelah aksinya bergabung dengan Inggris, Prancis dan AS. Dalam serangan kelompok yang jarang terjadi itu, Berlin meminta tanggungjawab dari Beijing untuk pandemi global Covid-19 dan bahkan mengeluarkan tagihan sebesar £ 130 miliar kepada China.

Jerman telah meluapkan kemarahannya terhadap Cina setelah sebuah surat kabar besar menampilkan tagihan sebesar £ 130 miliar bahwa Beijing “berutang” ke Berlin akibat dampak pandemi virus corona.

Jerman mengikuti ketiga negara lainnya yaitu Prancis, Inggris dan AS dalam mengarahkan kemarahan virus corona-nya ke Cina, tempat virus itu berasal. Suatu penemuan akhir-akhir ini menunjukan bahwa Beijing tampaknya menutupi seberapa besar dampak dari krisis ini, karena sampai sekarang sumber wabah masih menjadi misteri.

Pada hari Sabtu, Donald Trump memperingatkan,”Cina harus menghadapi konsekuensinya, secara sadar harus bertanggung jawab” karena menyebabkan pandemi virus corona.

Presiden Trump mengatakan kepada wartawan,”Itu bisa saja dihentikan di Cina sebelum wabah ini menyebar, tapi tidak dilakukan, dan karenanya sekarang seluruh dunia harus menderita.”

“Jika memang adalah sebuah kesalahan, maka kesalahan tetaplah suatu kesalahan. Jika mereka sadar akan tanggung jawab, maka harus ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Dia mengatakan China merasa “malu”, namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah pandemi virus corona adalah “kesalahan yang di luar kendali, atau apakah itu dilakukan dengan sengaja?”

Presiden Trump dan asisten seniornya telah berulang kali menuduh Tiongkok kurang transparansi.

Minggu ini, di kota Wuhan, tempat wabah dimulai, merevisi jumlah kematiannya yang tiba-tiba melonjak naik 50%.

Inggris telah bergabung dengan pejabat intelijen AS dalam menyelidiki klaim bahwa virus tersebut adalah berasal dari laboratorium virus Wuhan dan bukan pasar basah.

Sebuah bom kejutan yang dilansir dalam sebuah tabloid koran terbesar di Jerman, Bild, pada minggu ini, mengupas luapan kemarahan dan menyusul terbitnya faktur tagihan terperinci sebesar €149bn (£130b).

Daftar ini mencakup biaya €27 miliar untuk kehilangan pendapatan pariwisata, hingga €7,2 miliar untuk industri film Jerman, satu juta euro per jam untuk maskapai penerbangan Jerman Lufthansa dan €50 miliar untuk bisnis kecil Jerman.

Bild menghitung, jumlah ini mencapai €1.784 (£1.550) per orang jika PDB Jerman turun 4.2 persen, diangkat dengan judul “Apa hutang China kepada kita.”

China menanggapi klaim faktur itu sebagai “Luapan xenophobia dan nasionalisme”.

Sumber : Express News
Editor : Mahadi
Penerjemah: Gustina Hong

Related Articles

Latest Articles