11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

90 Persen Warga Provinsi Henan China Terinfeksi Covid-19

Beijing, MISTAR.ID

Hampir 90 persen orang di provinsi terpadat ketiga di China kini telah terinfeksi Covid-19, kata seorang pejabat tinggi pada Senin (9/1/23), saat negara itu berjuang melawan lonjakan kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kan Quancheng, Direktur Komisi Kesehatan untuk Provinsi Henan tengah, mengatakan pada konferensi pers bahwa per 6 Januari 2023, tingkat infeksi Covid-19 di provinsi itu adalah 89,0 persen.

“Dengan populasi 99,4 juta, angka tersebut menunjukkan sekitar 88,5 juta orang di Henan sekarang mungkin telah terinfeksi. Kunjungan ke klinik demam memuncak pada 19 Desember,” kata Kan, “Setelah itu menunjukkan tren penurunan yang berkelanjutan.”

Baca juga: Kontroversi Pencabutan Pelonggaran Seiring Covid China Naik Lagi

China sedang berjuang melawan lonjakan kasus menyusul keputusannya bulan lalu untuk mencabut penguncian, karantina, dan pengujian massal selama bertahun-tahun yang telah memukul ekonominya dan memicu protes nasional yang jarang terjadi.

Dan Beijing bertekad untuk melanjutkan pembukaannya kembali, pada Minggu (8/1/23) mencabut karantina wajib untuk semua kedatangan internasional dan membuka perbatasannya dengan kota selatan Hong Kong yang semi-otonom.

Tetapi infeksi diperkirakan akan melonjak ketika negara itu merayakan Tahun Baru Imlek akhir bulan ini, dengan jutaan orang diperkirakan akan melakukan perjalanan dari kota-kota besar untuk mengunjungi kerabat lanjut usia yang rentan di pedesaan.

Baca juga: Covid di China Kembali Meledak, Tapi Perbatasan Tetap Dibuka

Dalam gelombang pertama perjalanan pra-liburan, data resmi menunjukkan 34,7 juta orang melakukan perjalanan domestik pada Sabtu (8/1/23) naik lebih dari sepertiga dibandingkan tahun lalu, menurut media pemerintah.

Data resmi menunjukkan pekan lalu bahwa hanya 120.000 orang telah terinfeksi dan 30 meninggal sejak China melonggarkan pembatasan Covid-19 pada awal Desember.

Tetapi dengan Beijing bulan lalu mempersempit definisi kematian Covid-19 dan pengujian massal tidak lagi wajib, datanya tidak lagi mencerminkan skala sebenarnya dari wabah tersebut. (cna/hm09)

Related Articles

Latest Articles