22.4 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Warga Terdampak Puting Beliung di Garu II Berharap Bantuan

Medan, MISTAR.ID

Angin puting beliung menghantam tiga rumah milik warga di Jalan Garu II B, Gang Family, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kamis (18/7/24) siang.

Rio (26), pemilik salah satu rumah yang terdampak angin puting beliung mengatakan, peristiwa itu terjadi saat cuaca panas dan tidak berangin. Dalam kondisi itu, tiba-tiba puting beliung datang.

“Gak lama, kurang lebih 2 menit. Anginnya lewat dan langsung terangkat semua seng,” tuturnya.

Peristiwa serupa, lanjut Rio, bukan pertama kali terjadi di lingkungan tersebut.

Baca juga:Selain Rumah Warga, Puting Beliung di Pantai Labu Rusak 9 Pondok Wisata Kuliner

“Sejauh ini sudah terjadi 3 kali dan ini yang paling parah,” ungkapnya.

Warga terdampak lainnya, Ilham (52) membenarkan bahwa peristiwa puting beliung ini yang terparah. “Iya, ini paling parah. Sampai beterbangan sengnya. Gak tau ke mana,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lingkungan (Kepling) XII, Kelurahan Harjosari I, Sarjono mengatakan akan meminta bantuan dari BPBD bagi warga yang rumahnya terdampak.

Baca juga:

“Ya (bantuan BPBD). Secepatnya kita surati, foto rumah yang terdampak dan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga sudah kita serahkan ke kelurahan,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan tulis (WA).

Sarjono juga membenarkan kejadian angin puting beliung ini bukan pertama kalinya.

“Kejadian yang serupa itu kurang lebih setahun lalu, tahun 2023,” pungkasnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan ketiga rumah permanen tersebut mengalami kerugian berupa seng alias atap rumah yang terbang berjumlah 75 lembar dan 12 batang kayu rusak. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles