32.3 C
New York
Monday, July 8, 2024

Puluhan Rumah Porak-poranda Diterjang Puting Beliung

Deli Serdang, MISTAR.ID

Puluhan rumah di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, porak-poranda diterjang  puting beliung, Senin (24/6/24) sekira pukul 23.30 WIB. Bahkan, ada 10 rumah yang tertimpa pohon di Desa Karang Anyar.

Untuk Desa Sidodadi Ramunia ada sebanyak 18 rumah yang alami kerusakan mulai dari kategori berat, sedang hingga ringan. Rumah rusak terbanyak ada di Dusun Kauman sebanyak 7 rumah. Kemudian, Dusun Juli ada 6 rumah, Dusun Jogja dan Dusun Bloras masing-masing 2 rumah dan Dusun Perwira 1 rumah.

Kemudian di Desa Beringin terdapat 6 rumah rusak. Masing-masing berada di Dusun Budiman sebanyak 3 rumah.

Dari 3 rumah tersebut, satu diantaranya juga tertimpa pohon. Kemudian, Dusun Sepakat terdapat 2 rumah yang atapnya terbang. Untuk Dusun Mawar, 1 rumah juga mengalami rusak.

Baca juga: Kunjungi Korban Puting Beliung, Bupati Sergai Minta Warga Waspada Bencana

Rumah rusak lainnya ada di Desa Emplasmen Kualanamu. Di sini, ada 2 rumah rusak di Dusun I. Terakhir, Desa Pasar VI Kualanamu juga terdapat 1 rumah warga yang sengnya terbang.

Salah seorang warga Dusun Budiman, Iwan mengatakan saat angin puting beliung datang, ia lari ke garasi mobil karena garasinya terbuat dari bamboo yang berulang kali membentur mobil.

“Hanya beberapa detik saya meninggalkan garasi, pohon mangga yang ada di depan rumah tumbang. Saya malam itu sempat terkejut juga. Saya melihat pohon itu menimpa garasi. Anginnya memang sangat kencang,” kata Iwan, Selasa (25/6/24).

Atap rumah warga terbang karena puting beliung di Kecamatan Beringin
Atap rumah warga terbang karena puting beliung di Kecamatan Beringin. (f: rinaldi/mistar)

Camat Beringin, Dhani Mulyawan yang dihubungi mistar.id mengatakan data awal yang diterima pihaknya menyebutkan ada 36 rumah warga yang terkena angin puting beliung.

“Saat ini saya masih di lapangan meninjau rumah warga yang terkena bencana angin puting beliung. Ini akan kita data. Mana rumah yang rusak parah, sedang dan rusak ringan. Data ini nanti akan kita kirim ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang,” tandas Dhani. (rinaldi/hm20)

Related Articles

Latest Articles