19.8 C
New York
Sunday, June 9, 2024

Puluhan Ormas Gelar Aksi Solidaritas Rempang Galang di Medan

Medan, MISTAR.ID

Puluhan organisasi masyarakat di Kota Medan melakukan Aksi Solidaritas Rempang Galang di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Jumat (15/9/23) siang.

Aksi yang dimulai pukul 14.30 WIB tersebut dilakukan sebagai dukungan terhadap masyarakat melayu di Pulau Rempang dan Galang, Batam.

Seperti yang diketahui, masyarakat Pulau Rempang dan Galang terancam digusur untuk pengembangan kawasan Rempang Eco City sebagai kawasan industri dan perdagangan.

Baca Juga: Miris! Ayah Kandung Cabuli Balita 3 Tahun di Padangsidimpuan

Bentrok sempat terjadi antara warga dengan aparat gabungan TNI-Polri di Pulau Rempang pada 7 September 2023 lalu.

Koordinator aksi, Irwan Supadli mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas terhadap konflik yang terjadi di Rempang Galang, Batam.

“Agenda ini adalah aksi solidaritas kita warga Melayu Islam maupun non Islam yang tergabung dalam solidaritas dan aliansi ormas. Kita mendukung kawan-kawan kita yang sedang berjuang di Rempang dan Galang. Melayu itu bukan hanya di Batam tetapi Melayu itu ada di seluruh Indonesia.” ujarnya.

Baca Juga: Simpatisan PDI Perjuangan Unjuk Rasa, Ketua DPRD Sumut: Nggak Ada Untungnya

Irwan juga mengatakan terdapat beberapa elemen yang tergabung dalam aksi tersebut. Ada 28 elemen yang tergabung pada aksi yang juga diikuti masyarakat dari luar Kota Medan tersebut.

“Solidaritas kita masyarakat Melayu Rempang, agar tidak diintimidasi, tidak ditindas lagi. Cabut konsesi yang dibuat pemerintah, berikan tanah itu kepada hak-hak orang Melayu,” tambahnya. (iqbal/hm22)

Related Articles

Latest Articles