10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Polrestabes Medan Gerebek Lokasi Pengoplosan Gas 3 Kg di Deli Tua

Medan, MISTAR.ID

Sebuah pangkalan gas di Jalan Cempaka, Desa Kedai Durian, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang yang diduga melakukan pengoplosan gas elpiji 3 kg digerebek petugas Satreskrim Polrestabes Medan.

Selain mengamankan pemilik pangkalan berinisial RP, petugas juga menyita 63 tabung gas berukuran 12 kg dan 100 tabung gas berukuran 3 kg.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dikonfirmasi, Rabu (9/8/23) malam, membenarkan penggerebekan tersebut.

Bac juga: Polda Sumut Gerebek Pangkalan Pengoplosan Gas Elpiji, Tiga Orang Ditangkap

Valentino mengatakan, diungkapnya kasus itu berawal dari laporan masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

“Satu orang pelaku berinisial RP diamankan,” ujarnya.

Valentino menjelaskan, modus pelaku mengoplos gas elpiji subsidi 3 kg ke dalam tabungan gas elpiji 12 kg dengan menggunakan alat.

“Untuk mempermudah aksinya, pelaku merebus tabung gas elpiji 3 kg agar panas dan gampang memindahkan isi gas ke tabung 12 kg,” sebutnya.

Baca juga: DPRD Simalungun: Pertamina akan Investigasi Dugaan Gas Oplosan di Simalungun

Valentino mengaku pihaknya masih mendalami kasus ini. Dari pemeriksaan yang mereka lakukan, praktik pengoplosan itu sudah lama dilakoni pelaku.

“Masih didalami. Infonya sudah cukup lama beroperasi, tapi awal kecil-kecilan,” ungkapnya.

Valentino mengatakan, dari hasil memindahkan 100 tabung selama satu minggu, pelaku mendapatkan keuntungan berkisar 5 hingga 8 juta.

“Untuk saat ini baru satu pelaku yang diamankan dan menurut pengakuannya dia beraksi sendiri,” tukasnya.

Baca juga: Kasus Pengoplosan Elpiji di Medan Sunggal, Tiga Orang Resmi Jadi Tersangka

Valentino memastikan bahwa lokasi yang digerebek tersebut merupakan pangkalan atau agen resmi. Hal itu diketahui setelah pihaknya berkoordinasi dengan Pertamina. (ial/hm21).

Related Articles

Latest Articles