14.5 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Polres Samosir Amankan Pencuri Kerbau dan Penadah

Samosir, MISTAR.ID

Kepolisian resot Samosir berhasil mengaman 3 orang pencuri kerbau dan 1 orang penadah yang selama ini sangat meresahkan masyarakat pemilik ternak kerbau.

Kasus pencurian ini terungkap atas laporan warga Naga Timbul, Desa Parhorasan Kecamatan Pangururan atas nama Rinto Heriaman Sihotang(35) dengan LP/B/14/I/2022/SPKT/POLRES SAMOSIR/POLDA SUMATERA UTARA tanggal 15 Januari 2022.

Rinto Sihotang selaku pelapor saat ditemui Wartawan di Mapolres Samosir mengatakan bahwa  pada 18 Desember 2021 lalu ia kehilangan 3 kerbau.

Baca juga:Tiga Pelajar Spesialis Pencuri Ternak di Parmonangan Ditangkap

Pasca kehilangan kerbau miliknya, masyarakat setempat mencurigai gelagat beberapa orang termasuk beberapa saudagar kerbau di daerahnya.

Kecurigaan warga ternyata membuahkan hasil dan menghadang truk saudagar kerbau pada Jumat 14 Januari 2022 pukul 23.30 Wib di Parbaba, Kecamatan Pangururan dan berhasil menangkap basah dengan mengamankan 1 ekor kerbau dalam mobil pick up L300 dan langsung menghubungi pihak Polres Samosir.

Salah seorang perantau asal Samosir, Arjon Turnip, Ph.D berharap kasus pencurian Kerbau yang terjadi di desa Parhorasan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, cepat terungkap.

“Peristiwa kehilangan kerbau sudah sangat sering terjadi di Kabupaten Samosir,” kata Arjon Turnip kepada Wartawan. Senin (17/1/22).

Menurutnya Peristiwa penangkapan ini harusnya dapat digunakan oleh polres Samosir untuk menarik benang merah terhadap peristiwa sebelumnya.

“Kejadian serupa pernah terjadi di Desa Parbaba Dolok namun waktu itu diselesaikan secara damai,” kata Dosen  Universitas Padjadjaran (UNPAD) tersebut.

Dikatakanya Kerbau hilang di Desa Parhorasan tapi tertangkap di Desa Parbaba Dolok. Ia meminta agar kepolisian melakukan penelusuran, bagaimana prosesnya kerbau bisa sampai ke Parbaba.

Arjon mengatakan masyarakat samosir banyak yang tidak paham hukum sehingga seringkali gampang diajak berdamai. Ia berharap kejadian ini tidak terlulang dan harus dikawal supaya diproses secara hukum.

Baca juga:Tiga Pelajar Spesialis Pencuri Ternak di Parmonangan Ditangkap

Sementara itu, Kasi Humas Polres Samosir Bripka E. Sitorus, Selasa (18/1/22) kepada wartawan mengatakan tersangka pelaku pencurian beserta penadah sudah diamankan di Mapolres Samosir untuk menjalani proses hukum.

Ia mengatakan selain mengamankan tersangka juga mengamankan barang bukti berupa 1 ekor kerbau, 1 unit mobil pick up L300 dan uang sebanyak Rp6 juta.

Adapun tersangka yang ditahan Polres Samosir yakni HS (21), WS (23), ASS (17) dan penadah IS(20).( Josner/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles