11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Petugas BC Belawan Tangkap Kapal Berbendera Asing

Belawan | MISTAR.ID – Petugas Bea dan Cukai (BC) Belawan mengamankan satu unit kapal asing berbendera China. kini kapal tersebut berada di dermaga khusus milik Bea dan Cukai Belawan, Senin (25/11/19).

Kapal berkonstruksi besi berwarna kombinasi biru-putih dan sedikit merah di bagian haluan (moncong) dengan bobot sekitar 250 GT itu, saat ini disandarkan di dermaga di Jalan Karo No.3 Belawan. Di body kapal telihat aksara China diikuti angka 1016.

Terkait dengan keberadaan kapal tersebut, dermaga bea dan cukai di Jalan Karo mendapat penjagaan ekstra ketat oleh pihak personil bea cukai. Beberapa orang wartawan yang mencoba untuk masuk ke dermaga pun tidak diizinkan.

Bahkan ketika ada salah seorang wartawan yang hendak menumpang sholat Ashar di musholla yang ada di areal dermaga, juga tidak diperkenankan masuk. “Di mesjid aja sholatnya ya pak”, ujar seorang petugas bea cukai yang menjaga pintu gerbang.

Sehubungan dengan dugaan tangkapan kapal asing disebut-sebut kapal asal China tersebut, Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo belum berhasil dikonfirmasi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea Cukai I Medan, Oza, belum bisa memberikan keterangan.

“Maaf, kemungkinan dalam proses. Mohon dimengerti, petugas mungkin lagi bekerja dan pendalaman. Agar diikuti arahan petugas kami di lapangan. Kalau sudah waktunya pasti akan disampaikan ke media. Terima kasih,” ujar Oza ketika dikonfirmasi wartawan via what’s up, Selasa sore (26/11/19).

Reporter: Kamaluddin
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles