30.5 C
New York
Sunday, July 7, 2024

Pesawat Damkar Terjatuh dan Meledak di Yunani, Dua Pilot Tewas

Pulau Evia, MISTAR.ID

Dua pilot tewas pada Selasa (25/7/23) waktu setempat ketika pembom air mereka terjatuh saat memadamkan api kebakaran hutan di Pulau Evia, Yunani.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Yunani, pesawat Canadair jatuh ke jurang di dekat lokasi kebakaran pada Minggu (23/7/23).

Pilot itu adalah anggota Angkatan Udara Yunani dan Kementerian Pertahanan mengatakan telah memberlakukan tiga hari berkabung.

Baca juga : Diduga Masalah Teknis, Pesawat Sipil Jatuh di Bandara Port Sudan Menewaskan 9 Orang

Cuplikan video dari ERT TV menunjukkan fase kedua, di mana pesawat menabrak pohon sebelum terjatuh dan meledak.

Pesawat itu berada di samping setidaknya tiga pesawat lain dan sekitar 100 petugas pemadam kebakaran yang memadamkan api di Evia.

Kecelakaan itu terjadi saat Yunani berjuang melawan kebakaran hutan di tiga front utama, termasuk Pulau wisata Rhodes dan Corfu. Banyak wilayah negara dianggap kebakaran hutan yang sangat berbahaya, diperparah oleh angin kencang.

Baca juga : Pesawat Jatuh di Kolombia Tewaskan 5 Orang Politikus

Tiga hari sebelum kecelakaan, Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis mengakui bahwa pembom air Canadair CL-215 tua yang digunakan oleh Yunani, model yang pertama kali diproduksi pada pertengahan 1960-an alias sudah tua, sulit (untuk terbang) dan rawan kegagalan fungsi.

Dia berjanji untuk membuat model baru tersedia pada tahun 2026. (medcom/hm18)

Related Articles

Latest Articles