15.2 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Kurir 40 Kg Sabu Terima Rp400 Juta Upah Sekali Antar, MH Pernah Tiga Kali Lolos 

Medan, MISTAR.ID

Tertangkapnya kurir 40 kg sabu berinisial MH di Jalan Medan-Binjai Km 15 pada Selasa (20/4/21) lalu, membuka mata kita betapa menggiurkannya terjun untuk melakoni bisnis haram tersebut.

Bagaimana tidak, MH mengaku mendapatkan upah 10 juta per kilogram jika berhasil membawa sabu ke Medan. Artinya, dengan barang bukti 40 kg sabu, MH seyogiyanya akan mendapat upah Rp400 juta.

Yang mencengangkan lagi, dia juga berujar ‘baru’ empat kali menyelundupkan sabu, tiga diantaranya berhasil. Sabu yang masuk dari Malaysia dia jemput ke Aceh, lalu dibawanya dengan mobil yang sudah dimodifikasi di bagian ban serap.

Baca Juga: Polrestabes Medan Sita 43,75 Kg Sabu dan Amankan 4 Kurir Jaringan Internasional

“Kita berhasil mengungkap ini, ternyata sabu itu disembunyikannya di ban serap yang sudah dimodifikasi, lalu di las kembali,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Senin (24/5/21) siang.

Riko mengatakan, tersangka MH juga mengaku sudah tiga kali berhasil menyelundupkan sabu ke Medan, sebelum tertangkap dengan barang bukti 40 kg tersebut.

“Tersangka MH pernah berhasil membawa 17 Kg sabu dengan upah Rp 170 juta. Kemudian dia juga berhasil membawa 20 Kg dan mendapat upah Rp 200 juta. Lalu berhasil membawa sabu 15 Kg diupah Rp 150 juta. Artinya dia sudah pernah menghasilkan Rp 520 juta (setengah miliar lebih),” sebut Riko.

Baca Juga: Ungkap Peredaran Sabu 26,9 Kg, Polisi Tembak Mati Kurir Narkoba di Medan

Riko menilai, betapa luar biasanya yang bisa didapatkan hanya untuk menjadi kurir narkoba saja. Riko kemudian berpesan kepada warga Medan untuk menginformasikan jika ada sekecil apapun praktik peredaran narkoba di lingkungan masing-masing.

“Medan adalah pasar besar narkoba. Mari sama-sama kita berantas, jangan sampai keluarga kita masuk ke dalam jaringan bandar narkoba,” pesannya.

Mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Mabes Polri itu menegaskan, selama 11 bulan menjabat sebagai Kapolrestabes Medan, pihaknya sudah berhasil mengungkap 300 kg lebih sabu.

“Kita bersama polsek-polsek jajaran juga tidak ada henti-hentinya melakukan penindakan. Kita juga masih melakukan pengembangan untuk menyelidiki jaringan yang ada di atasnya (40 kg) ini,” pungkas Riko.(ial/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles