21.7 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

KNPI Simalungun Geruduk Kantor KPU, Tuntut Transparansi dan Kejujuran

Simalungun, MISTAR.ID

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Simalungun dan Aliansi Suara Rakyat menggelar aksi demonstrasi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berlokasi di Jalan Horailam Saragih, Pematang Raya, pada Senin (20/5/24) siang.

Aksi tersebut dipicu karena ditemukannya kendaraan dinas milik tiga orang komisioner KPU yang terparkir di rumah salah satu calon legislatif terpilih dari Partai Golkar.

Ketua KNPI Simalungun, Juni Saragih saat ditemui di lokasi menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal dan mengusut dugaan kecurangan yang dilakukan oleh KPU dalam proses perekrutan Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) beberapa waktu lalu.

“Kita akan kawal dan usut kasus ini, kita DKPP-kan tiga komisioner KPU Simalungun,” tegas Juni Saragih.

Baca juga: KNPI Simalungun Gelar Mustika Senin Mendatang

Aksi tersebut diawali dengan long march yang diikuti oleh anggota KNPI dan beberapa organisasi pemuda lainnya. Mereka berjalan bersama dengan menggunakan kendaraan odong-odong menuju kantor KPU, menyuarakan tuntutan agar KPU bersikap transparan dan jujur dalam menjalankan tugasnya.

Dalam kesempatan itu, Juni Saragih menekankan pentingnya integritas dan netralitas KPU dalam setiap tahapan pemilihan. Ia menambahkan bahwa KNPI tidak akan tinggal diam jika terjadi penyimpangan yang merugikan proses demokrasi di Kabupaten Simalungun.

Dia juga menyayangkan ketidakhadiran seorang pun komisioner di lokasi. Sementara itu, salah seorang staff KPU yang diwawancarai mistar.id mengaku bahwa ketua KPU sedang berada di Nias.

Hingga berita ini dikirim ke meja redaksi, perwakilan KPU Simalungun belum memberikan komentar resmi terkait tudingan dan tuntutan yang disampaikan para demonstran. (indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles