22.7 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Tips Atasi Sedih dan Stres Akibat Gagal UTBK SNBT 2024

Medan, MISTAR.ID

Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024 sudah diumumkan, pada Kamis (13/6/24).

Semua peserta pasti menginginkan hasil yang baik. Tapi, tentu saja tidak semua mendapatkan keinginannya.

Tak jarang para siswa-siswi yang gagal lulus ke universitas pilihannya, berlarut dalam kesedihan serta mengalami stres.

Baca juga:Stres Karena Pekerjaan, ini 5 Sinyal pada Tubuh

Dokter Spesialis Kejiwaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Nanda Sari Nuralita, membagikan tips untuk menghilangkan stres dan kesedihan yang berlarut bagi siswa-siswi yang gagal dalam UTBK SNBT 2024.

“Pertama kita harus ikhlas. Mungkin saat ini bukan waktu yang tepat, karena saat akan mengharapkan suatu hal atau keinginan, harus yakin bahwa sesuatu yang akan menimpa diri kita sudah tertulis di Lauhul Mahfudz,” kata Nanda dalam keterangan tertulisnya kepada mistar.id, Rabu (19/6/24).

Nanda menyarankan para peserta yang gagal di UTBK agar tidak patah semangat. “Kita tidak boleh patah semangat. Kita juga harus introspeksi diri kembali, terus berdoa, perbanyak ibadah dan sedekah,” lanjutnya.

Kemudian, dalam mengatasi kesedihan karena kegagalan ini, ia juga menyarankan agar para siswa mempersiapkan diri kembali.

Baca juga:E-tatoo: Tato Elektronik Pengukur Tingkat Stres

“Selagi ada waktu, persiapkan diri lebih giat lagi. Kita juga harus mengakui, mungkin masih ada yang kurang di mata pelajaran tertentu,” sambungnya.

Dia juga menyarankan agar siswa-siswi yang gagal dalam UTBK SNBT 2024 memperbanyak olahraga untuk menghindari stres.

“Karena dengan olahraga akan meningkatkan hormon endorfin (perasaan senang dan bahagia) agar menekan hormon stres dan neurotransmitter serotonin (konsentrasi, semangat dan lainya),” ujarnya.

“Lalu meningkatkan ibadah, supaya hati dan jiwa lebih tenang. Isilah waktu dengan persibuk diri, seperti mengikuti bimbingan belajar (bimbel),” tutup Nanda. (berry/hm16)

Related Articles

Latest Articles