9.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Kebakaran Lahan Sawit Milik Warga Terjadi di 2 Dusun Desa Silomlom Asahan

Asahan, MISTAR.ID

Kebakaran belasan hektare lahan sawit milik warga terjadi di dua dusun Desa Silomlon Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan sejak Selasa (1/8/23) kemarin.

Saat ini petugas gabungan dari Damkar, BPBD, TNI dan Polri masih melakukan upaya pemadaman di lokasi kebakaran.

“Objek yang terbakar lahan sawit milik warga terletak di dusun III, dan Dusun IV Desa Silomlom Kecamatan Simpang Empat dilaporkan terbakar sejak 1 Agustus 2023 sekitar pukul 17:00 WIB,” kata Fahri Azhari, Kabid Penanganan Darurat Peralatan dan Logistik BPBD Asahan saat dihubungi wartawan, Kamis (3/8/23).

Baca juga: Pemkab dan Polresta Deli Serdang Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla

BPBD memperkirakan luas lahan yang terbakar ini diperkirakan 15 hektar. Sementara, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

“Sejak kemarin kami sudah lakukan upaya pemadaman menggunakan 4 unit mobil pemadam dibantu personel TNI dan Polri di lokasi. Pemadaman pun terus dilakukan sampai hari ini,” kata dia.

Sementara itu, selain upaya pemadaman dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Asahan bekerjasama dengan perusahaan perkebunan terdekat menurunkan alat berat dan membuat parit pembatas lahan yang terbakar agar mempersempit sebaran api.

Baca juga: Waspada, Karhutla di Kalimantan Selatan Sudah Ratusan Hektare

“Api masih belum bisa dipadamkan seluruhnya namun hari ini proses pemadaman masih lanjut termasuk pembuatan parit pembatas,” ucapnya.

Dia juga mengatakan terdapat kendala dalam memadamkan api di lokasi karena sulitnya akses jalan menuju titik api sehingga memperlambat upaya pemadaman. Termasuk, sumber air yang relatif jauh untuk dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran. (Perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles