10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Hujan Deras Picu Longsor, 2 Warga Tewas Tertimbun

Bandung, MISTAR.ID

Hujan deras tak hanya menyebabkan banjir tapi juga menimbulkan bencana tanah longsor yang menerjang Desa Pasirgeulis Pangasinan, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran dan menyebabkan sedikitnya dua orang meninggal dunia.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan kejadian longsor di Pangandaran terjadi pada Senin (26/10/20) malam. “Pada Senin malam telah terjadi hujan deras hingga menyebabkan terjadinya longsor,” kata Budi dalam keterangan resmi, Selasa (27/10/20).

Akibat longsor tersebut, sebuah rumah yang dihuni dua orang mengalami rusak. Tak hanya itu, penghuni rumah juga meninggal dunia. “Korban dua orang meninggal dunia. Atas nama Bapak Irut dan Ibu Sunarsih,” ucap Budi.

Baca juga: Awas, Banjir Dan Longsor Akibat Fenomena La Nina!

Sementara itu, data terakhir pada Selasa (27/10/20) pukul 21.40 WIB, sedikitnya 963 Kepala Keluarga (KK) atau 4.428 jiwa terdampak longsor. Wilayah yang terdampak diantaranya Kecamatan Padaherang, Kecamatan Langkaplancar, Kecamatan Sidamulih, Kecamatan Mangunjaya dan Kecamatan Parigi yang tersebar di tujuh Desa.

Sebelumnya, wilayah Pangandaran juga diterjang banjir hingga membuat warga mengungsi. Kondisi terkini wilayah terdampak banjir sudah mulai surut.

Akan tetapi kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, karena BMKG memprediksi hujan lebat akan terus melanda wilayah Kabupaten Pangandaran. Dampak dari hujan deras juga mengakibatkan banjir di wilayah Ciamis, Jawat Barat.

Banjir merendam ratusan permukiman warga yang tinggal di delapan desa di dua kecamatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (27/10/20). Tak hanya menggenangi rumah, banjir juga membuat 116 kepala keluarga mengungsi.(cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles