23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Gunung Semeru Berstatus Level II

Lumajang, MISTAR.ID

Gunung Semeru kini berstatus level II setelah alami erupsi, Minggu (21/7/24). Tercatat, kolom abu di atas puncak mencapai 600 meter.

“Erupsi kembali terjadi pada Minggu (21/7/24), pukul 08.30 WIB. Tinggi kolom letusan mencapai 4.276 meter di atas permukaan laut (mdpl),” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Sigit Rian Alfian, seperti dilansir dari Antara.

Dari segi warna, kolom abu diketahui berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Di seismograf, erupsi terekam dengan amplitudo maksimum 21 mm dan durasi 83 detik.

“Gunung Semeru berstatus waspada atau Level II. Petugas memberikan imbauan sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” tuturnya.

Baca juga: Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru di Lumajang, Memutus 5 Jembatan

Masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 8 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, lanjutnya, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 13 km dari puncak.

Diimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari kawah/puncak karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Misalnya di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil. (antara/hm20)

Related Articles

Latest Articles