8.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Gempa Guncang Padang Sidempuan 6,4 Magnitudo

Gempa berkekuatan 6,4 Magnitudo (M) mengguncang wilayah Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara pada Senin, (3/4/23) sekitar pukul 21.59 WIB. Kekuatan gempa juga turut dirasakan di Kabupaten.Mandailing Natal.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berada di 82 Kilometer (Km) Barat Daya Padang Sidempuan.

Lokasi gempa berada 0.86 derjat Lintang Utara dan 98.73 derajat  Bujur Timur dengan kedalaman 102 Km. Gempa yang dirasakan di sejumlah wilayah ini tidak berpotensi tsunami.

Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, Mukhsin Nasution  menyampaikan, gempa yang melanda Kota  Padang Sidimpuan tersebut tidak mengakibatkan kerusakan yang serius di Madina.

Baca juga: Kejari Deli Serdang Geledah Kantor Dinas Kesehatan, Sejumlah Dokumen Disita

Hanya saja, sejumlah dinding rumah penduduk dan  Kantor Samsat Natal di Kecamatan Natal mengalami retak-retak.

“Alhamdulillah dari laporan dari setiap kecamatan yang ada di Madina tidak ada dampak yang serius akibat dampak gempa itu. Hanya saja sejumlah bangunan di Kecamatan Natal termasuk kantor Samsat dindingnya mengalami retak-retak,” jelas Mukhsin.

Muksin menyebut, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan dan pengumpulan informasi dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten itu atas dampak yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Baca juga: 11 Orang Tewas Usai Asia Selatan Diguncang Gempa

“Petugas BPBD baik itu Pusdalop dan TRC saat ini sedang melakukan pendataan dan koordinasi ke setiap kecamatan atas dampak yang ditimbulkan gempa itu,” ujar dia. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles