17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Kabupaten Aceh Barat Daya

Medan, MISTAR.ID

Gempa berkekuatan 4.1 magnitudo mengguncang Kecamatan Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Minggu (7/1/24).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengatakan gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 10.05 WIB.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa belum ada kejadian gempabumi susulan (aftershock) hingga pukul 11:02 WIB,” kata Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Wisatawan Usia 8 Tahun Tenggelam dan Meninggal di Tao Silalahi

Hendro menjelaskan, pusat gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 3.43° LU dan 96.55° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km Barat Daya Blang Pidie pada kedalaman 25 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo–Australia terhadap lempeng Eurasia,” jelasnya.

Ia menyebut, hingga saat ini belum mendapatkan informasi atau laporan terkait kerusakan bangunan maupun korban jiwa akibat gempa bumi tersebut.

Baca Juga: Satu Lagi Harimau Sumatera Mati di Medan Zoo

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di daerah Blang Pidie dengan skala intensitas II Modified Mercalli Intensity (MMI) (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” sebut Hendro.

BMKG pun mengimbau masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya dan sekitarnya untuk tetap tenamg dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Deddy/hm22)

Related Articles

Latest Articles