31.3 C
New York
Monday, July 15, 2024

Gawat! Tanah Bergeser Tiap 20 Menit di Sukamakmur Bogor

Bogor, MISTAR.ID

Pergeseran tanah terjadi di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). Tanah bergeser berawal dari adanya rembesan tanah.

“Tanah bergerak dikarenakan rembesan air bergerak dengan mudah, dan membawa lapisan tanah yang berada di bawahnya yang di dasari lapisan lempeng,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko dalam keterangannya, Senin (24/4/23).

Aris mengatakan peristiwa itu terjadi pada hari Sabtu (22/4/23) kemarin. Tanah bergeser dengan panjang sekitar 14 meter. “Mengakibatkan pergeseran tanah dan jalan amblas dengan rincian sekitar 14 meter,” sambungnya.

Baca juga: Korban Longsor di Sibolangit Dihantui Banjir Bandang, Sungai Lau Pei Pei Tertutup Tanah

Petugas BPBD yang menerima laporan dari warga, langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. Sejumlah asesmen telah dilakukan petugas BPBD. Hasilnya, diketahui fasilitas jalan umum penghubung di antara dua kampung terdampak dari tanah bergeser itu. Tanah bergeser masih terjadi hingga saat ini.

“Situasi saat ini pergeseran masih berlanjut sekitar 20 menit sekali, dan akses jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” jelasnya. “Dibutuhkan penanganan lebih lanjut dari pihak terkait,” sambungnya. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles