14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Duh! Youtuber Jadi Korban Pemerasan di Tahanan, Istrinya Ngadu ke Ombudsman Sumut

Medan, MISTAR.ID

Seorang perempuan bernama Fitra mengadu ke Ombudsman RI Sumut, Rabu (7/9/20). Fitra adalah istri dari Benny Eduward Hasibuan, seorang aktivis anti pungli yang aktif di YouTube.

Benny ditangkap bersama Juniar Nainggolan, juga Youtuber anti pungli yang kerap mengungkap ke publik video pungli di jalanan. Video terakhir yang menjadi penyebab mereka ditahan adalah saat mereka mengunggah video mobil yang diduga belum dibayar pajaknya oleh pemiliknya. Mobil itu milik seorang oknum polisi yang bertugas di Samsat Polda Sumut.

Fitra yang didampingi mertua dan adik iparnya di Ombudsman menceritakan, pada 11 Agustus pagi, Juniar melakukan siaran langsung via Youtube di Jalan Putri Hijau Medan, tepatnya di depan Kantor Samsat Ditlantas Polda Sumut.

Baca Juga:YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Dituntut 7 Bulan Penjara

Saat itu, mereka melihat sebuah mobil Honda Jazz BK 1212 JG yang diduga belum dibayar pajaknya setelah mengecek lewat aplikasi e-Samsat. Diduga mobil itu belum membayar pajaknya sebesar Rp3,8 juta.

Belakangan, sang pemilik mobil keberatan karena merasa ia taat bayar pajak. Pemilik melaporkan mereka berdua melanggar UU ITE. Ia kemudian ditangkap pada 18 Agustus pagi.

“Sore suami saya menelepon dan memberitahu kalau dia ditahan di Polres. Lalu dia meminta transfer duit Rp2 juta, katanya untuk uang kebersamaan,” kata Fitra.

Keesokan harinya, Fitra berusaha menemui suaminya di tahanan. Namun, tidak berhasil bertemu. Benny lalu kembali menelepon meminta uang sebesar Rp1 juta, namun tidak disanggupi.

Baca Juga:Sembarangan Unggah Video, 2 Youtuber di Medan Terancam 6 Tahun Penjara

Seorang teman Benny dari Palembang kata Fitra, kemudian meminjamkan uang untuk penuhi permintaan Benny. “Terakhir saya kirim Rp500 ribu. Kalau tidak dikirim, suami saya mengaku dianiaya. Tapi kami tidak punya bukti karena sulit bertemu,” jelasnya.

Selain mempersoalkan permintaan uang itu, Fitra mempersoalkan haknya yang sulit bertemu suaminya.

“Pengacara sampai sekarang belum bisa ketemu. Kemarin setelah ketemu Komnas HAM, kami membesuk tanpa pengacara. Kalau memang suami saya salah silahkan diproses tapi haknya sebagai tahanan mestinya dijamin,” jelasnya.

Fitra mengatakan, suaminya lebih ingin disebut aktivis anti pungli ketimbang youtuber. Apa yang dilakukan suaminya cendrung kepada memberi edukasi kepada masyarakat semisal bagaimana bila ditilang di jalan dan sebagainya. Pekerjaan suaminya sendiri adalah seorang marketing.

Baca Juga:Dibacoki Pembalap, Youtuber Luka Lecet, Celana dan Baju Koyak

Ia memastikan Benny bukan mengambil untung dari konten yang diunggahnya ke YouTube. Setelah ditangkap, video di akun YouTube Benny Eduward tidak lagi bisa dilihat.

Kepala ORI Sumut Abyadi Siregar mengatakan, berdasarkan pengaduan Fitra, mereka mensinyalir ada dugaan kesalahan administrasi dalam proses penangkapan dan penahanan tersangka.

“Sampai saat ini, informasinya surat perpanjangan penahanan belum ada. Padahal dia sudah ditahan sekitar 50 hari,” kata dia.

Juga selain itu, mereka menduga ada hak-hak tersangka yang tidak dipenuhi selama proses penahanan ini. “Ombudsman akan mengkaji pengaduan ini terlebih dahulu sebelum memberikan kesimpulan,” jelasnya.(iskandar/hm01)

Related Articles

Latest Articles