18.8 C
New York
Friday, May 3, 2024

Dugaan Pidana Pencucian Uang, Bendahara Kesbangpol Dairi Dipolisikan Sekretaris Kesbangpol

Sidikalang,MISTAR.ID

Bendahara Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintahan Kabupaten Dairi berinisial PHUM dilapor ke Polres Dairi oleh Seketaris Kesbangpol, Ali Marhaban Sitohang dengan dugaan melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU), Kamis (9/3/23).

Laporan Sekretaris Kesbangpol Pemakab Dairi itu tercatat dalam bukti Laporan Polisi Nomor STTLP/B/106/VII/2023/SPKT/Polres Dairi/Polda Sumatera Utara. Usai melapor, Ali Marhaban Sitohang membenarkan pelaporannya kepada media.

Dikatakannya, ada dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) juga diduga dilakukan oleh Bendahara Kesbangpol Dairi dengan mentransfer uang ke rekening Ali Marhaban Sitohang secara paksa dan tanpa sepengetahuan dirinya.

Baca Juga: Dilaporkan Warga, Pelaku Pungli Berkedok SPSI Kena OTT Polres Dairi

Uang tersebut sebagai biaya Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) untuk mengantaran dokumen Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan APBD TA 2022 ke kantor badan pemeriksa keuangan republik indonesia (BPK-RI) perwakilan Sumatera Utara di Medan yang sebelumnya sudah dia tolak dengan alasan, dirinya sama sekali tidak mengetahui isi dokumen SPJ dimaksud yang hendak diantar ke BPK-RI.

Walau dia menolak dan tidak melaksanakan tugas tersebut, akan tetapi Bendahara diketahui mempertanggungjawabkan biaya SPPD atas namanya. Dia juga sempat mempertanyakan hal itu kepada Inspektorat agar biaya SPPD tersebut tidak direalisaaikan SPJ nya karena tidak benar dia laksanakan.

Baca Juga: Ringroad Dairi Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah, Ancaman untuk Meraih Adipura

Dijelaskannya, selain masalah soal SPPD menjadi dugaan tindak pidana pencucian uang, masalah lain soal dugaan penyimpangan penggunaan alokasi anggaran lain dari sumber dana APBD TA 2022 pada Badan Kesbangpol Dairi juga sudah pernah dilaporkan ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Dairi, namun tak ada direspon.

Atas dasar itu juga dirinya nekad melaporkan Bendahara Kesbangpol Dairi ke Mapolres Dairi dengan dugaan tindak pidana pencucian uang.(Manru/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles