9.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Dianggap Berhasil Tekan Aksi Begal, DPRD Medan Minta Polisi Rutin Sweeping dan Penyekatan

Medan, MISTAR.ID

Mengantisipasi terjadinya aksi begal, Wali Kota Medan, Bobby Nasution meminta Polrestabes Medan dan Polres Belawan untuk melakukan penyekatan dan patroli di sejumlah titik di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini.

Hal itu dikatakan orang nomor 1 di Pemko Medan ini saat menghadiri konferensi pers pengungkapan kasus kejahatan jalanan di Polrestabes Medan, Kamis (22/6/23) kemarin.

Sejak saat itu, Tim Tawon Polrestabes Medan dibantu Polda Sumatera Utara rutin melakukan patroli dan razia di beberapa kawasan yang sering terjadi aksi begal. Hasilnya, dalam beberapa hari belakangan aksi begal dan geng motor berhasil ditekan.

Baca juga: Polsek Medan Baru Bekuk Empat Pelaku Spesialis Begal, Satu Diantaranya Masih 17 Tahun

Menanggapi kondisi itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Medan, Abdul Rani pun mengapresiasi langkah responsif pihak Kepolisian dalam menciptakan kondisi aman di Kota Medan.

“Kegiatan sweeping dan penyekatan ini memang harus dilakukan dalam mengatasi permasalahan begal di Kota Medan. Sebab bila petugas terus patroli di jalanan, tentu tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Kondisi ini yang harus diciptakan pihak Kepolisian,” ucap Abdul Rani kepada mistar.id, pada Senin (26/6/23).

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Medan ini mengatakan, meski pihak Kepolisian terus melakukan patroli, aksi kejahatan pasti tetap saja ada, baik itu pungutan liar (pungli) maupun pencurian kendaran bermotor (curanmor).

Baca juga: Kata Aktivis Sosial Terkait Maraknya Pembegalan, Medan Seperti Rumah Hantu

“Dengan rutin melakukan patroli, tentu masyarakat akan merasa aman saat beraktivitas. Kehadiran polisi itu yang dibutuhkan,” katanya.

Kedepannya, Abdul pun berharap, pihak Kepolisian bisa menindak tegas semua pelaku kejahatan yang sangat meresahkan di Kota Medan.

“Dalam konferensi pers itu tampak banyak pelaku kejahatan yang diamankan, bahkan diberikan tegas. Kita mengapresiasi hal itu. Memang itu yang harus dilakukan. Kita melihat saat ini juga banyak aksi curanmor, serta berharap kasus ini juga bisa ditekan dan para penadahnya segera ditangkap,” pintanya.

Baca juga: Diduga Dibegal Kelompok Geng Motor, Korban Membuat Video Klarifikasi

Selain itu, Abdul Rani juga berharap kepada para orang tua untuk terus memonitor anak-anaknya,agar tidak terjebak dalam pergaulan yang negatif.

“Dominan remaja-remaja yang masih di bawah umur banyak terlibat aksi begal, bahkan sudah terkontaminasi narkoba. Kita menyayangkan kondisi itu. Sebab itu, para orang tua harus bisa memberi arahan yang baik kepada anaknya,” tutupnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles