10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Atap Gedung DPRD Blitar Ambrol Diguncang Gempa Malang

Blitar, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 di wilayah Kabupaten Malang mengakibatkan kerusakan bangunan permukiman dan perkantoran. Salah satunya  Gedung DPRD Kabupaten Blitar, rusak. Atap dan plafon di sejumlah ruangan ambrol.

Plafon dan genting runtuh menimpa kursi serta meja di ruang rapat paripurna. Atap gedung pun berlubang karena material ambrol.

Selain ruang paripurna, kerusakan juga terjadi di ruang kerja ketua dan wakil Ketua, ruang staf sekretariat, serta sejumlah ruang fraksi DPRD Blitar.

“Musibah ini mengakibatkan beberapa ruangan kantor DPRD kabupaten rusak,” kata Wakil Ketua II DPRD, Susi Nurlita, saat meninjau kerusakan, Sabtu (10/4/21).

Baca Juga: Dikabarkan Ada Korban Jiwa Dampak Gempa Malang  

Susi khawatir plafon yang runtuh ini akan membuat korsleting jika hujan turun. Ia telah meminta karyawan DPRD membersihkan dan mematikan aliran listrik agar tak memperparah kerusakan.

“Saya intruksikan puing-puing ini dibersihkan dan listrik dimatikan sementara, agar tidak terjadi korsleting, bahaya kalau hujan,” katanya.

Meski demikian, Susi menegaskan kerusakan di Gedung DPRD itu tak akan mengganggu aktivitas para anggota dewan. Ia belum mengetahui secara pasti berapa kerugian yang dialami DPRD akibat kerusakan di sejumlah ruangan tersebut.

Baca Juga: Gempa M 6,7 di Malang, Tak Berpotensi Tsunami  

“Masih ada ruangan yang bisa dipakai aktifitas anggota dewan sebagai wakil rakyat. Ada beberapa ruangan yang selamat dan bisa untuk bekerja,” ujarnya.

Wisatawan di Bali Panik

Gempa bumi yang mengguncang selatan Kabupaten Malang, juga terasa hingga Bali. Para wisatawan yang tengah berlibur panik dan buru-buru keluar dari vila saat gempa mengguncang.

Salah satunya Amarul (25) yang tengah berlibur di pulau dewata dan menghabiskan akhir pekannya di sebuah vila, daerah Seminyak, Kabupaten Badung. Ia menuturkan gempa terasa sekitar 15 detik.

“Awalnya lagi nonton Netflix, terus merasa goyang, kirain kaki temannya yang goyang, ternyata gempa. Sempat cek-cek kabel wifi yang menjuntai, ternyata goyang. Langsung lari ke luar,” kata Amarul kepada CNNIndonesia.com.

Baca Juga: Gempa Bumi Tektonik M 4,2 Guncang Pinangsori Tapteng

Setelahnya, ia mengaku sempat bertahan di luar vila untuk beberapa saat. Ia ingin memastikan situasi benar-benar aman sebelum akhirnya kembali lagi ke dalam vila.

“Soalnya saya orang Aceh, pernah mengalami tsunami dulu, jadi agak parno sama gempa. Baru setelah itu masuk lagi ke kamar,” ujarnya.

Gempa bumi yang berpusat 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang ini terasa di 17 kabupaten/kota Jawa Timur. Getaran gempa juga terasa hingga Yogyakarta dan Bali.

Gempa ini turut menimbulkan korban jiwa. Seorang warga dilaporkan meninggal dunia tertimpa bongkahan batu di Jalur Lumajang-Malang. Sementara beberapa bangunan maupun rumah warga rusak.

Seperti atap RSUD Kota Blitar yang ambrol imbas gempa tersebut. Tak ada pasien yang tertimpa atap tersebut. Kemudian patung gorila setinggi 7 meter di Batu Secret Zoo Jatim Park (JTP) 2 ambruk akibat gempa tersebut.(CNN/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles