14.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Wisatawan Meningkat, ASDP tambah Penyeberangan Sabang Jadi lima Trip

Banda Aceh, MISTAR.ID

Untuk melayani lebih banyak penumpang yang mengunjungi Sabang selama libur Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah dan libur sekolah (02/7/23), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah lima rute penyeberangan dari Banda Aceh ke Sabang atau sebaliknya.

Di Banda Aceh, Minggu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Agus Djoko Triyanto mengatakan, “Peningkatan penumpang mulai terjadi (Sabtu, 1/7) kemarin, sehingga kita tambah menjadi lima trip.”

Saat liburan panjang, ASDP Cabang Banda Aceh menyiapkan dua armada kapal untuk melayani wisatawan. Kapal akan menyeberang dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang atau sebaliknya.

Baca juga : Kecepatan Angin di Sabang Hingga Barat Aceh Terpantau Paling Tinggi

KMP Aceh Hebat 2 memiliki kapasitas penumpang 340 orang dan KMP BRR memiliki kapasitas 250 orang.

Pada Sabtu (1/7/23), ada hingga 400 penumpang per perjalanan dari Banda Aceh ke Sabang atau sebaliknya.

Karena cuaca yang sangat buruk, KMP Aceh Hebat 2 tidak dapat bergerak keluar dari teluk Sabang pada trip kelima, dan harus tetap di Pelabuhan Balohan.

Menurutnya, kecepatan angin di Banda Aceh masih dapat ditangani pada 12 knot. Kita menunggu reda, proses muatan selesai, dan kita berangkat, jadi malam ini semua kapal bersandar di Pelabuhan Balohan.

Agus menyatakan bahwa karena situasi ini, keberangkatan pertama dari Banda Aceh pada Minggu (2/7) harus ditunda sementara menunggu KMP BRR dari Sabang.

Penumpang dari Banda Aceh baru mulai diangkut pada perjalanan kedua, yang dimulai pada pukul 11.00 WIB.

Kemarin kami menambah lima perjalanan karena ada muatan yang kami harapkan dapat diangkut. Menurutnya, “Khawatirnya kalau kita tinggal disini, maka (Minggu) paginya akan sangat menumpuk, bahkan mungkin keluar dari area pelabuhan.”

Jumlah penumpang trip kedua meningkat sekitar 300 orang untuk hari ini, kata Agus. Sejauh ini, arus penumpang tetap stabil. Selain itu, cuaca cukup baik untuk pelayaran.

Di Banda Aceh cuaca masih baik, kecepatan angin masih rendah, dan pelayaran tidak terganggu. Menurutnya, peningkatan penumpang hanya terjadi kemarin dan hari ini, dan besok akan ada tiga perjalanan reguler. (Antara/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles