11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

UMKM Berperan Penting untuk Pembangunan Ekonomi di Kawasan ASEAN  

Jakarta, MISTAR.ID

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) disebut memiliki peranan penting terhadap pembangunan ekonomi di kawasan ASEAN.

Menurut Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk ASEAN, Yohannes Abraham, penting untuk mendukung UMKM itu, karena sekitar 99 persen bisnis di negara anggota ASEAN adalah usaha mikro, kecil, menengah. Selain itu, 85 persen dari tenaga kerja gabungan di ASEAN juga bekerja untuk UMKM.

“Kami kira sudah menjalin kemitraan ekonomi yang luar biasa. Dan kami ingin mencoba untuk meningkatkan kerja sama ini,” ujar Abraham di Jakarta, Jumat (26/5/23).

Baca juga: ASEAN Perkuat Kerja Sama Ekonomi Melalui ACAFTA

Abraham mengatakan, AS berkomitmen untuk bekerja sama dengan ASEAN dalam meningkatkan perekonomian kawasan. Salah satunya melalui kerja sama Dewan Bisnis ASEAN-AS atau US-ASEAN Business Council.

US-ASEAN Business Council adalah sekelompok perusahaan AS yang berinvestasi di ASEAN untuk berbagi praktik dan pelatihan dengan para pelaku bisnis di kawasan.

AS merupakan salah satu mitra utama perdagangan di kawasan dan sumber investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) terbesar di ASEAN, mencapai 40 miliar dolar AS pada 2021.

Baca juga: Area UMKM Disiapkan di Lantai Dasar Lapangan Merdeka Medan

Investasi langsung merupakan kegiatan penanaman modal oleh investor asing atau luar negeri untuk melakukan usaha di negara lain. Tercatat lebih dari 6.200 perusahaan AS yang kini beroperasi di dalam ASEAN. Sementara di Indonesia, 22 persen dari keseluruhan investasi asing langsung per 2021 berasal dari Negeri Paman Sam itu.

“Ini adalah beberapa contoh komitmen kami untuk membangun kemitraan ekonomi yang sudah erat ini agar menjadi lebih kuat,” ujar Abraham.

Berdasarkan data ASEAN, terdapat sekitar 70 juta UMKM di ASEAN. UMKM berkontribusi 85 persen terhadap penyerapan tenaga kerja, 44,8 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dan 18 persen ekspor nasional. (antara/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles