19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Sumut Diperkirakan Deflasi di Bulan Oktober

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah harga kebutuhan bahan pangan pokok selama bulan Oktober 2023 banyak yang mengalami penurunan. Terlebih, jika dibandingkan dengan kinerja sebulan sebelumnya.

Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin memperkirakan secara keseluruhan Provinsi Sumut berpeluang mencetak deflasi di atas 0,14%.

“Ini terlihat dari harga rata-rata harga daging ayam di Kota Medan pada bulan lalu sebesar Rp31.000 per kg nya. Di akhir pekan ini harga daging ayam dijual dalam rentang Rp23.000,” ujarnya, Minggu (29/10/23).

Di sisi lain, harga cabai merah di Kota Medan mengalami kenaikan menyentuh Rp41.000 per kg nya. Meski naik, harga cabai merah terakhir masih lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata harga di bulan sebelumnya di level Rp43.000 per kg.

“Sehingga harga cabai merah akan menjadi pemicu deflasi pada bulan Oktober ini. Selain cabai merah, harga sejumlah kebutuhan pangan pokok lainnya seperti bawang putih, telur ayam, minyak goreng, dan daging ayam juga akan menyumbangkan deflasi di bulan ini,” terangnya.

Baca Juga : BPS Catat Sumut Deflasi 0,07% di Agustus 2023

Untuk harga telur ayam yang rata rata dijual di kisaran Rp28.800 per kg di bulan lalu, menjelang tutup bulan Oktober harganya berada di kisaran Rp26.000 per kg.

“Sementara bawang putih, lebih murah sekitar Rp1.000 rupiah dibandingkan dengan harganya di bulan lalu di level Rp34.500 per kg nya. Selanjutnya minyak goreng terpantau stabil meskipun cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kinerja di bulan sebelumnya. Harga minyak goreng curah belakangan di transaksikan di kisaran Rp13.700 per kg, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata di bulan sebelumnya di level Rp13.830 per kg nya,” ujarnya seraya menambahkan itulah beberapa komoditas pangan pokok strategis yang mengalami penurunan harga di bulan ini.

Sementara itu, harga beras di Sumut cenderung bergerak stabil dengan sempat mengalami penurunan. Namun, berbalik naik menjelang penutupan di bulan Oktober. Menjelang tutup bulan ini, harga beras di Kota Medan pada dasarnya terpantau lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata bulan sebelumnya.

Baca Juga : Harga Cabai, Tomat dan Bawang Turun! Siantar Alami Deflasi di Periode April 2023

“Yang menjadi tolak ukurnya adalah harga beras medium, dimana di akhir bulan ini harganya lebih tinggi sekitar Rp200 rupiah per kg nya dibandingkan dengan rata-rata harga beras di bulan sebelumnya.

Selain beras ada gula pasir yang memang di bulan ini mengalami kenaikan. Harga gula pasir sejauh ini Rp250 rupiah lebih mahal dibandingkan dengan rata-rata di bulan sebelumnya. Harga gula pasir secara konsisten mengalami kenaikan dalam sebulan terakhir,” pungkasnya. (anita/hm24)

Related Articles

Latest Articles