15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Selamatkan UMKM, Presiden Perintahkan Polri dan Sejumlah Menteri Cegah Produk Impor Murah

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan, Kapolri untuk merumuskan tindakan yang dapat dilakukan dalam mencegah masuknya produk impor murah dari China.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pemerintah melihat bahwa produk impor dengan harga jauh lebih murah harga pokok penjualan (HPP) di e-commerce, terjadi karena ilegal dan hasil dumping yang diimpor dari China.

Menurut Teten, produk-produk murah dari China yang diserbu karena dijual di bawah HPP dalam negeri telah membuat produk lokal dari industri maupun UMKM dalam negeri sulit bersaing.

Baca juga;Presiden Ingatkan Pemda, Gunakan Anggaran Membeli Barang UMKM Bukan Impor

“Kami udah bahas kenapa di ‘platform online’ itu banyak sekali barang murah yang dijual di bawah HPP, kemungkinan dua hal. Satu, barang tersebut dari negaranya sudah didumping,” kata Teten, Selasa (3/10/23).

Saat ini, kata Teten, perekonomian China lagi melemah, namun dibalik itu produksi manufaktur harus terus berjalan dan sasaran barang-barang dumping itu dibuang ke Indonesia.

“Artinya ada yang tidak tercatat di data impor kita. Di data ekspor Chinanya ada, lebih besar, di kita dicatatnya lebih kecil, berarti kan ada yang ilegal,” katanya.(antara/hm17)

Related Articles

Ini Upaya Bobby Selamatkan UMKM di Kota Medan

Latest Articles