10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

Pembesaran Kepiting Bakau, Koperasi Awan Mera Sejahtera Berdayakan Masyarakat Pesisir

Medan, MISTAR.ID

Koperasi Awan Mera Sejahtera Kota Medan terus mengembangkan usaha bidang pertanian dan kelautan, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Koperasi ini juga memberdayakan masyarakat pesisir untuk pembesaran kepiting bakau yang mempunyai nilai ekonomis dan disukai konsumen.

Ketua Koperasi Awan Mera Sejahtera, M Nursidin mengatakan, awalnya koperasi ini didirikan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan anggota. Namun karena banyaknya masyarakat pesisir yang ingin bergabung, maka koperasi tidak dapat membatasinya.

Baca juga: Bantuan Dinas Koperasi Simalungun ke Pelaku UMKM Dalam Bentuk Peralatan

“Baru sebulan rumah kepiting bakau didirikan, sudah banyak warga pesisir yang menjual kepada kami,” kata Nursidin kepada mistar.id, Jumat (7/7/23).

Kepiting bakau yang dibeli dari masyarakat pesisir terlebih dahulu dipelihara selama kurang lebih 2 pekan. Tujuannya, agar kulit dan tapak kepiting bakau menjadi keras, lalu dijual ke konsumen dengan harga yang pantas.

“Kita harus melepas kembali kepiting bakau yang tidak masuk ukuran ke alamnya untuk dapat berkembang biak,” ujarnya.

Baca juga: Dinas Koperasi UKM Simalungun Dorong 68 Ribu Pelaku UMKM Go Digital

Ia berharap, dari program ini dapat mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pesisir, dan menjaga kelestarian lingkungan agar kepiting bakau dapat bertahan. (andreas/hm16)

Related Articles

Latest Articles