22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pastikan Ketersediaan Sembako, Polsek Medan Baru Sambangi Pasar Tradisional

Medan, MISTAR.ID

Personel Polsek Medan Baru melakukan patroli dan cek persediaan kebutuhan serta harga sembako di Pasar Pasar Tradisional yang ada di wilayah hukumnya, Minggu (3/4/22) sore. Patroli ini dilakukan personel Aiptu Heri K dan Aipda H Silaban dengan menyambangi 2 lokasi pasar yang terdiri dari Pasar Petisah Jalan Nibung dan Pasar Sore Jalan Jamin Ginting.

Kapolsek Medan Baru Kompol Teuku Fathir Mustafa mengatakan, patroli ke pasar-pasar ini rutin dilaksanakan sesuai perintah dari Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda. “Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mengantisipasi tindak pidana penimbunan di wilayah kota Medan khususnya wilayah hukum Polsek Medan Baru,” ujarnya. Dia menyebutkan, tujuan kegiatan itu untuk mengantisipasi lonjakan barang kebutuhan di bulan suci Ramadhan agar tidak menimbulkan keresahan pada masyarakat.

Menurut Fathir, yang tak kalah penting lainnnya yakni menghindari adanya penimbunan beras, gula dan minyak goreng, serta bahan pokok lainnya yang merupakan kebutuhan masyarakat sehari-hari. “Penimbunan sembako akan menimbulkan kenaikan harga yang sangat berdampak situasi Kamtibmas yang kurang stabil,” ungkapnya.

Baca juga: Pemko Medan Diminta Pastikan Stok Sembako Selama Ramadhan

Untuk itu, Fathir mengimbau kepada pemilik toko/grosir untuk memahami akan ketentuan hukum. Apabila melakukan penimbunan barang pokok dan menjual bahan pangan yang tidak memenuhi standar keamanan, kesehatan dan kadaluwarsa kepada konsumen, pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan. “Kegiatan ini akan terus dilakukan dalam upaya untuk mengawasi terhadap stabilitas harga dan stok kesediaan sembako di pasaran,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles