22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pasar Keuangan Cenderung Melemah di Akhir Tahun

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah bursa di Asia terpantau bergerak mixed dengan kecenderungan melemah, termasuk IHSG, pada Jumat (29/12/23). IHSG sejauh ini mencoba menembus level psikologis 7.300. Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan minimnya sentimen perdagangan hari ini dan berpeluang memicu terjadinya pelemahan pada kinerja pasar keuangan di tanah air.

“Terlebih IHSG dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan yang sangat potensial memicu terjadinya koreksi teknikal. IHSG berpeluang untuk ditransaksikan dalam rentang 7.250 hingga 7.330 di hari ini,” ujarnya pada mistar.id, Jumat (29/12/23).

Selain itu, Gunawan mengatakan tidak jauh berbeda dengan IHSG, mata uang Rupiah juga melemah hari ini. Rupiah ditransaksikan melemah di kisaran level 15.440 per US Dolar pada sesi perdagangan pagi.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Sumut Menurun, Kapolda: Korelasi Menjaga Kamtibmas

“Pelemahan Rupiah terjadi di saat imbal hasil US Treasury tidak mengalami perubahan kinerja. Fluktuasi pada rupiah juga banyak dipengaruhi oleh faktor teknikal di tengah minimnya isu ekonomi di pekan terakhir 2023,” katanya.

Di sisi lain, Gunawan menyampaikan harga emas ditransaksikan cukup stabil dengan kecenderungan melemah dibandingkan perdagangan sehari sebelumnya.

“Harga emas sejauh ini ditransaksikan di level $2.069 per ons troy. Tidak beranjak jauh selama perdagangan sepekan terakhir,” tutupnya. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles