16.3 C
New York
Friday, May 17, 2024

Kanwil DJP Sumut Raih Penghargaan Laporan Keuangan Terbaik 2021

Medan, MISTAR.ID

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I sebagai peringkat ketiga laporan keuangan tahun 2021 tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran-Wilayah.

Dua terbaik lainnya diraih oleh Kodam I Bukit Barisan sebagai peringkat pertama dan Badan Narkotika Nasional Sumut sebagai peringkat kedua laporan keuangan tahun 2021 tingkat UAPPA-W.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Kepala Kantor Wilayah  DJPb Sumut Syafriadi kepada Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi dalam kegiatan Rapat Kerja Akuntansi di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara, Jl. P. Diponegoro No. 30A Medan.

Baca juga:Atas Capaian Opini WTP, Pemkab Karo Terima Pengharagaan dari Menkeu

Dalam sambutannya, Syafriadi menyampaikan bahwa sesuai dengan kerangka konseptual akuntansi pemerintahan, laporan keuangan disusun untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan selama satu periode pelaporan.

Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) terdiri dari Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN), sehingga kualitas LKPP sangat tergantung dari kualitas kedua laporan tersebut.

“Laporan keuangan yang berkualitas adalah laporan keuangan yang memenuhi empat karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami,” kata Syafriadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/12/2021).

Syafriadi menambahkan, saat ini salah satu aplikasi yang tengah dikembangkan oleh DJPb dalam rangka proses rekonsiliasi data transaksi keuangan dan penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/ Lembaga (LKKL) adalah aplikasi e-Rekon&LK.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu menyusun laporan keuangan yang lebih akurat dan andal serta dapat memperbaiki sedini mungkin transaksi-transaksi yang dapat menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan setiap tahun seperti selisih data persediaan dan revaluasi BMN.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperkuat sinergi antara DJPb selaku Bendahara Umum Negara dengan seluruh UAPPA-W di Provinsi Sumatera Utara sehingga tercipta hubungan kerja yang efektif dan produktif sekaligus bentuk pembinaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari Kanwil DJPb Provinsi Sumut, terhadap penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/ Lembaga tingkat UAPPA-W.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja Laporan Keuangan tingkat UAPPA-W dan Kinerja Penyampaian SP3B-BLU.

“Laporan Keuangan Pemerintah Pusat disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan sistem akuntansi yang menyediakan prosedur pemrosesan transaksi sampai menjadi laporan keuangan. Untuk mewujudkannya sangat bergantung kepada kinerja bapak ibu selaku Kepala Satuan Kerja tingkat wilayah dalam tugasnya sebagai pembina satuan kerja vertikal di wilayah kerjanya,” tutup Syafriadi.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Sumut I menyampaikan rasa syukur serta terima kasih atas penghargaan DJPb ini kepada Kanwil DJP Sumut I.

Baca juga:Pemerintah Sahkan NIK Jadi NPWP

“Pencapaian ini tidak lahir begitu saja, tapi berkat komitmen dan kerja keras semua unit kerja yang ada di Kanwil DJP Sumut I untuk terus memberikan pelayanan yang optimal,” kata Eddi.

Eddi menyampaikan, Kanwil DJP Sumut I akan terus mendukung upaya DJPb Provinsi Sumut dalam mewujudkan pengelolaan kas negara di wilayah kerjanya secara lebih efesien.

Selain itu, diserahkan juga penghargaan kepada BLU terbaik dalam hal Kinerja Penyampaian SP3B-BLU. Peserta Rapat Kerja Akuntansi ini terdiri dari  51 Kepala Satuan Kerja UAPPA-W se-Sumatera Utara, 3 Penerima Penghargaan SP3B-BLU terbaik, dan Kepala Perwakilan BPKP. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles