15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Jokowi Pastikan Pasokan Pangan Aman untuk Menghadapi El Nino

Malang, MISTAR.ID

Fenomena alam El Nino yang sedang dihadapi di dunia, tidak terkecuali di Indonesia pada Agustus 2023 mendatang, membuat Indonesia harus bersiap. Termasuk dari pasokan pangan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pasokan pangan untuk Indonesia aman.

“Menurut informasi dari Bulog Kementan, pasokan pangan tidak mengalami masalah saat ini,” ucap Jokowi saat meninjau Pasar Rakyat di Lapangan Rampal, Kota Malang, pada Senin sore (24/7/23).

Stok pangan sendiri menjadi isu hangat setelah India dan Vietnam menghentikan ekspor beras karena dampak El Nino.

“Dampak lain dari El Nino kita ketahui dari stok pangan. India dan Vietnam menghentikan ekspor beras. Kita berharap kejadian seperti itu tidak terjadi di negara kita. Jadi, kita harus siapkan segalanya,” ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja Kejaksaan RI, Kajatisu: Jangan Cepat Berpuas Diri

Langkah lainnya yang diambil Jokowi dengan memerintahkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta seluruh kepala daerah, mulai dari tingkat gubernur, bupati, hingga wali kota, untuk memperkuat anggaran bantuan sembako selama fenomena El Nino berlangsung.

“Anggaran untuk bantuan sembako ke masyarakat harus diperkuat dan ditingkatkan. Kemudian, saya telah memerintahkan BUMN, seluruh gubernur, bupati, dan walikota untuk meningkatkan jumlah pasar murah di daerah sebanyak mungkin,” ungkap Jokowi.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran masyarakat mengenai stok pangan saat terjadi fenomena El Nino, pemerintah tengah melakukan penghitungan secara detail terkait kebutuhan pangan di berbagai daerah.

Baca juga: El Niño, Kementan Siapkan Enam Provinsi Penyangga Pangan

“Ada data mengenai daerah mana yang membutuhkan dan daerah mana yang tidak. Langkah ini diharapkan agar kita bisa bersiap lebih awal. Masyarakat tidak perlu khawatir, saat ini pasokan pangan tidak mengalami masalah,” tegasnya. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles