15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Harga Cabai di Sumut Diperkirakan Tetap Tinggi Dipicu Hujan dan Permintaan ke Luar

Medan, MISTAR.ID

Harga cabai merah diperkirakan akan terus bertahan di kisaran Rp45.000 hingga Rp55.000 per kg nya. Untuk harga di Kota Medan mengacu kepada PIHPS dijual rata-rata Rp46.300 per kilogramnya.

Tim pemantau harga pangan Sumatera Utara (Sumut) mencatat, harga cabai merah paling tinggi saat ini di Kota Sibolga, mencapai Rp52.500 per kg dan untuk harga cabai rawit dijual 52.500 mengacu kepada PIHPS Kota Medan, dan paling mahal di Sibolga sebesar Rp55.250 per kg nya.

“Jadi, pergerakan harga cabai saat ini sangat liar. Di lapangan dijumpai untuk harga cabai rawit ini ada yang dijual hingga menyentuh Rp80 ribu per kilogramnya,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (2/11/23).

Baca Juga: Harga Cabai Rawit dan Cabai Merah Serentak Naik di Deli Serdang

Ia mengatakan, antar wilayah atau rantai pasok juga terpantau masih terlalu tinggi.

“Gap yang terlalu lebar ini juga dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi, dan memicu banjir yang mengakibatkan gangguan distribusi,” sambung Gunawan.

Selain itu, belakangan ini di luar wilayah Sumut juga terjadi kenaikan harga cabai yang masih dipengaruhi harga di Jawa maupun wilayah pulau Sumatera lainnya.

“Sehingga ada aliran cabai produksi Sumut ke wilayah lain, dan mengakibatkan juga harga cabai di Sumut ikut terdongkrak naik,” imbuhnya.

Related Articles

Latest Articles