16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Harga Ayam Potong di Medan Turun, Pedagang: Sudah Rp30 Ribu per Kg

Medan, MISTAR.ID

Akhir pekan ini harga sejumlah komoditas di Kota Medan mulai stabil. Beberapa diantaranya juga mengalami penurunan harga. Seperti hari ini, Minggu (16/7/23) harga ayam potong yang sempat menyentuh Rp40 ribu per kg turun seharga Rp30 ribu per kg.

“Harga ayam ini memang gak menentu kalau naik setiap hati naik kalau turun ya turun juga setiap hari. Kek kemarin itu, menjelang dan sampai Idul Adha kemarin kan setiap hari naik terus. Harga sampai Rp40 ribu per kg. Nah, belakangan ini mulai turun dan turun setiap harinya Rp1.000 per kg,” ujar Salmi salah seorang pedagang ayam di Pasar Padang Bulan Medan.

Baca juga : Pasca Idul Adha, Harga Ayam Masih Mahal

Selain harga ayam potong yang turun, amatan di Pasar tradisional tersebut untuk harga cabai merah dan bawang merah juga mulai turun. Sebelumnya harga dua komoditas ini menyentuh Rp40 ribu per kg, namun hari ini di harga Rp32 ribu per kg.

“Cabai merah dan bawang merah Rp32 ribu hari ini. Kalau tomat ada yang Rp8 ribu sampai Rp10 ribu tergantung kualitasnya. Bawang putih juga sudah mulai turun di harga Rp36 ribu sebelumnya sampai Rp44 ribu per kg. Tapi masih tetap mahal ya. Kalau cabai hijau Rp16 ribu per kg,” sebut Roy pedagang lainnya.

Baca juga : Biaya Produksi Naik, KPPU Kanwil I Tetap Awasi Kenaikan Harga Ayam dan Telur di Medan

Terpisah, amatan dari Ketua Tim Pemantau Harga Pangan di Medan, Gunawan Benjamin penurunan harga ini selain karena mekanisme pasar juga dikerumuni pada masyarakat yang turun daya belinya sehingga harga turun.

“Saat ini harga ayam turun di kisaran Rp30 ribu hingga Rp32 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai memang sudah berada di harga keekonomiannya. Level harga dimana saat ini petani tidak mengalami kerugian. Begitupun untuk harga cabai ini tentunya akan masih tetap bergerak bila ada ancaman penurunan produksi di masa yang akan datang,” pungkasnya. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles