22 C
New York
Friday, May 31, 2024

Gawat! Stok Ikan Terbatas, Lapak Pedagang Ikan di Siantar Banyak yang Tutup

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Stok ikan di pasaran Kota Pematangsiantar, terlihat kosong. Akibatnya, sejumlah pedagang pun pilih libur tak berjualan, karena tidak ada ikan yang bisa dijual. Karena kondisi itu, juga terlihat banyak lapak pedagang ikan yang tidak buka.

Kurangnya pasokan ikan ini, diakui salah satu pedagang ikan di Pasar Dwikora Siantar, Lisda (42). Dia pun mengakui kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

“Sudah adalah dua hari yang lalu kurang stok ikan. Biasanya, agen – agen sudah menghubungi kami untuk memberitahu ikan akan datang. Ini semuanya kosong, hanya ada beberapa ikan yang datang dari Aceh,”ujarnya, Rabu (18/8/21).

Ia menuturkan, barangkali para nelayan tidak bisa melaut akibat hujan deras yang akhir – akhir ini terus mengguyur di beberapa wilayah di Sumatera Utara. Sebagian besar nelayan tidak melaut untuk menghindari risiko kecelakaan akibat potensi badai atau gelombang tinggi.

Baca juga: Harga Ikan Basah di Medan Masih Mahal, Warga Pilih Ayam dan Tempe

Selain khawatir disapu badai, melaut di tengah cuaca hujan deras menurut dia kurang efektif karena biasanya tangkapan ikan akan minim.

Berbeda dengan pedagang lainnya, Nanang. Menurutnya minimnya pasokan ikan terjadi karena para nelayan yang ingin melaut dibatasi jumlahnya setiap kapal.

“Kabarnya, setiap kapal yang ingin melaut itu dibatasi jumlah awak kapalnya. Biasanya, ada sampai 30 orang yang berangkat setiap kapal. Namun, hanya diperbolehkan maksimal 16 orang saja. Otomatis, pekerjaan semakin berat. Ikan yang didapatkan pun sedikit,”jelas dia.

Selain itu, ditambah faktor cuaca yang terus hujan. Kalau hujan berlangsung sepanjang hari, otomatis akan banyak nelayan yang tidak berani melaut. Akibatnya, aktivitas di Pasar Ikan Dwikora ini yang menjadi pusat tempat penjualan ikan di Siantar, menurun drastis.

“Sebelumnya, ikan yang ditransaksikan pada saya bisa mencapai 600 kg per hari. Namun kalau lagi kosong begini, maksimal hanya 100 kg. Itupun tidak kwalitas yang bagus,” kata Nanang.

Baca juga: Harga Ikan Asin Turun Sumbang Deflasi Februari 2021 di Siantar

Meski demikian, amatan mistar.id di pasar tersebut masih ada pedagang ikan yang tetap membuka lapak dengan jumlah yang sedikit.

Kosongnya stok ikan di pasaran membuat beberapa harga jual ikan melambung tinggi, karena sejumlah pedagang tidak mendapat kiriman dari pengepul atau agen ikan. Warga yang ingin membeli ikan di pasar-pasar, tidak memiliki banyak pilihan. Hanya ada ikan lele, tegang ekor, udang biasa, dan selar. (Yetty/hm06)

Related Articles

Latest Articles